UNIKAMA – Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (RAKERNAS ISMAPETI) menggelar Rapat Kerja Nasional ke-14. Kegiatan yang bertema “Peran Mahasiswa Peternakan Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional” ini berlangsung di Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA), kemarin.

Dalam acara yang digelar di Auditorium Multikultural Unikama ini, Rektor UNIKAMA Dr. Pieter Shaertian M.Si., memberikan banyak pesan untuk seluruh peserta Rakernas.

“Kegiatan seperti ini bagi kami sebagai ajang untuk memberikan ilmu pada para mahasiswa dalam melaksanakan, mengontrol, dan mengevaluasi sebuah acara,” ujarnya.

Selain melatih mahasiswa untuk memiliki pengalaman bekerja secara tim di lapangan, ia berharap melalui kegiatan ini mahasiswa sadar akan peran mereka. Ia menilai miris kondisi Indonesia yang terkenal sebagai negara agraris, namun hasil pertanian masih bergantung pada negeri tetangga, maka disinilah mahasiswa harus berperan.

“Dulu tahun 80’an sampai 90’an di Malang yang dicari orang ya kelengkeng dari Tumpang Kab.Malang, tapi sekarang kelengkeng itu kalah dengan kelengkeng impor Thailand” tukasnya.

Rektor menjelaskan, mahasiswa harusnya bisa mengembalikan Indonesia menjadi negara agraris. Ia berharap mahasiswa tidak hanya mampu berdemo seperti tahun 1998 dahulu, namun saat terjun dalam masyarakat mereka harus mampu menyelesaikan masalah sosial secara baik.

“Harus punya mimpi mengembalikan Indonesia sebagai bangsa memiliki potensi pertanian,” tandasnya. (inka)

Rektor UNIKAMA Harapkan Mahasiswa Kembali Makmurkan Pertanian