Menu

152 Pemateri Seluruh Indonesia Ikuti Semnas di Unikama

UNIKAMA – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) semakin menunjukkan kualitasnya sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) bergengsi. Salah satunya dengan getol menggelar seminar yang berskala nasional. Seperti yang digelar di Auditorium Multikultural Unikama, kemarin.

Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 152 pemakalah yang akan mempresentasikan materinya secara paralel.

“Pemakalah penelitian ini tersebar di seluruh Indonesia. Ada dari Jawa Tengah, Cirebon, Bandung, Madura hingga Kupang. Tidak bisa kami sebutkan satu persatu,” kata ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dr. Sudiono, M.Pd, saat memberikan sambutan.

Sudiono menjelaskan, seminar ini merupakan kegiatan tahunan, dan sudah diselenggarakan selama empat tahun.

Dia menjelaskan, dalam seminar nasional kali ini, dihadirkan dua narasumber handal. Keduanya adalah Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti, Prof. Ocky Karna Radjasa, PhD dan Anto Nugroho dari PT Japfa Comfeed.

“Sengaja dihadirkan pihak dari perusahaan, karena zaman sekarang untuk penelitian perlu dilibatkan pihak luar. Harapannya hasil penelitian kita bisa di-link-kan dengan perusahaan,” beber laki-laki asal Kediri itu.

Sementara itu, Rektor Unikama, Dr. Pieter Sahertian, M.Si, menjelaskan, saat ini beberapa penelitian dosen memasuki konsep pengembangan multikultural.

“Kampus kami adalah kampus multikultural, bahkan beberapa dosen sudah mulai mengembangkan penelitian mengenai itu,” beber dia.

Dia berharap, hasil penelitian para pemakalah bisa dipublikasikan di dalam forum seminar nasional, internasional.

“Lebih utama diharapkan hasil penelitian bisa masuk ke jurnal akreditasi nasional dan internasional,” tegas dia. (TI)