Menu

Atasi Keterbelakangan Teknologi Ditengah Program UN Berbasis Komputer, Mahasiswa KKN Unikama Adakan Pelatihan Komputer di SMPN 7 Cumbi Ruteng NTT

Unikama – Seiring dengan perkembangan dunia yang kini memasuki era Digital, pemerintah Indonesia melalui kementerian pendidikan berusaha meningkatkan taraf pendidikan dengan menerapkan sistem pendidikan berbasis teknologi. Salah satu langkah yang dilakukan untuk mencapai taraf tersebut adalah pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer yang dicanangkan pemerintah dalam kurikulum terbaru dan sudah dijalankan.

Anastasia Murni selaku Ketua Kelompok menjelaskan Program Kerja (Proker) ini dilaksanakan oleh kelompok 19 dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan di daerah tersebut agar tetap mengikuti perkembangan teknologi.

“Kami melihat para siswa di SMPN 7 Cumbi masih terlalu kurang pengetahuannya dalam mengoperasikan teknologi. Mereka juga kesulitan untuk belajar karena Laptop maupun komputernya tidak banyak, apalagi sekarang pelajaran TIK (Teknologi Informasi Komputer) sudah tidak ada jadi kami tidak ada kesempatan untuk praktik” jelasnya.

Melihat situasi ini, Mahasiswa KKN UNIKAMA, yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Cumbi, Kecamatan Ruteng, Manggarai, NTT mengadakan pelatihan komputer bagi para siswa.

Melalui kerja sama dengan pihak sekolah, para mahasiswa yang berjumlah 3 orang membagi para siswa menjadi beberapa kelompok degan masing-masing kelompok terdiri dari 15 siswa. Masing-masing kelompok mendapat jadwal bimbingan dua kali dalam seminggu.

Tujuan utama dari bimbingan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para siswa dalam mengoperasikan alat elektronik khususnya laptop, sehingga membantu mereka dalam menghadapi UN berbasis komputer.

Tingkat antusiasme siswa untuk mengikuti kegiatanpun sangat luar biasa. Mereka merasa senang dan berterima kasih karena mendapat kesmpatan untuk belajar mengoperasikan laptop ditengah kesulitan mereka untuk belajar di sekolah.

Selain para siswa, Kepala Sekolah SMPN 7 Cumbi, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para Mahasiswa yang sudah membantu para siswa dan juga pihak sekolah dengan mengadakan kegiatan pelatihan.

“Kami merasa terbantu sekali, terutama dengan keadaan para siswa kami yang masih minim kemampuan karena jarang mengoperasikan laptop ataupun komputer. Jadi saya mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para mahasiswa yang sudah mencanangkan dan melaksanakan kegiatan pelatihan komputer ini,” ujarnya.

Dengan adanya pelatihan komputer ini diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih memahami teknologi, karena bagaimanapun juga mereka harus bisa mengikuti perkembangan zaman saat ini yang kerap kali menggunakan teknologi.