Menu

Fokus Kembangkan Kesenian dan Kebudayaan, Mahasiswa Unikama Ciptakan Lagu Daerah

UNIKAMA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) disambut baik oleh masyarakat Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading. Pasalnya, mahasiswa tersebut memberikan ide pemikirannya dengan mencoba membuat dan mengubah sedikit lagu daerah untuk Desa Lebakharjo. Saat melakukan observasi ternyata desa ini belum memiliki lagu khas daerahnya.

” Kami ingin menciptakan lagu untuk Desa Lebakharjo, dengan cara mengubah sedikit aransemen lagu daerah dan memberikannya sedikit sentuhan supaya terlihat lebih modern saat didengar,” tutur Amertha Kristiawan selaku mahasiswa pengaransemen lagu.

Lagu yang sudah diciptakan ini diberi judul “Lohjinawi Lebakharjo” tujuannya untuk memotivasi semua masyarakat Desa Lebakharjo agar terus bersemangat dalam melestarikan dan mengembangkan budaya serta mendorong kesenian desa ini agar lebih maju.

Disamping itu, Mahasiswa KKN dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Dr. Rahutami, M.Hum ini juga ikut meramaikan rangkaian acara HUT RI 74 dengan mengadakan berbagai macam perlombaan dan kompetisi.

Untuk kelompok 3 mahasiswa KKN Unikama hanya fokus pada program pokok yaitu kebudayaan. Hal tersebut dibuktikan dengan mengadakan kompetisi kesenian dan kebudayaan melalui kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan karnaval atau parade budaya di desa.

“Sebenarnya acara ini dikoordinatori oleh warga masyarakat Desa Lebakharjo dan kami selaku mahasiswa KKN, warga sangat antusias sekali saat mengikuti parade,” ungkap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unikama saat di wawancara.

Ada lima dusun yang mengikuti parade ini, mulai dari kesenian pencak silat sampai paguyuban kuda lumping (jaranan) yang memperlihatkan keunikannya.