Menu

Giring Nidji Ajak Mahasiswa Main Saham

UNIKAMA – Kehadiran musisi Giring Ganesha, vokalis grup band Nidji, menggemparkan ratusan mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Kehadirannya di aula Sarwakirti itu bukan nntuk konser, tapi mengajak mahasiswa bermain saham. Dalam paparannya, Giring mengatakan bahwa investasi di pasar modal bisa dilakukan siapa pun, termasuk para mahasiswa. Di depan ratusan calon investor muda itu, pria yang identik dengan rambut keriting ini membagi pengalamannya dalam berinvestasi di pasar modal. “Kalian ada yang udah punya pacar belum?” tanyanya mengawali perbincangan yang disambut sorakan para mahasiswa. Ada yang menjawab belum, tapi lebih kencang suara yang menyatakan sudah.

“Bikin resepsi pernikahan itu mahal, udah pada nabung belum? Belum lagi ntar kalau udah punya anak,” ungkap pria kelahiran 14 luli 1983 tersebut. Giring lalu menceritakan kisahnya terjun dan bermain bursa di pasar saham. Itu berawal dari tahun 2007, saat dirinya belum menikah. Ketika itu dia mulai merencanakan investasi, baik untuk dirinya maupun untuk anak-anaknya kelak. “Saya mempertimbangkan inflasi mengerikan, harga rumah sangat mahal, bikin resepsi pernikahan itu mahal, biaya sekolah bagus untuk anak juga mahal, dari situ saya mulai berpikir investasi,” terangnya.

Lebih jauh Giring menjelaskan, tingkat inflasi akan terus naik dan akan menggerus kekayaan seseorang. Karenanya dibutuhkan instrumen investasi yang memberikan imbal hasil lebih tinggi dari angka inflasi. Reksadana dan saham jadi pilihan instrumen investasi vokalis yang kini punya dua anak itu. “Tahap awal, kita harus tahu dulu apa yang kita butuhkan, misalnya pendidikan anak. Nah, dari situ kita cari tahu instrumen investasi apa yang cocok” urai dia.
Setelah tahu instrumen yang akan dipilih, lanjutnya, maka yang perlu diketahui adalah bagaimana bisnis model perusahaan yang mengeluarkan instrumen investasi tersebut. “Cari tahu juga struktur manajemennya seperti apa. Mumpung masih muda, banyak kesempatan untuk main saham,” jelas pria asal Jakarta ini.
Kehadiran Giring memang sengaja memotivasi mahasiswa untuk memanfaatkan Galeri Investasi BEI (Bursa Efek Indonesia) di Unikama yang diresmikan kemarin (1/10) siang. Direktur Galeri BEI Unikama Ati Retnasari mengungkapkan, meski pembukaan tersebut termasuk terlambat dibanding beberapa universitas lain di Kota Malang, Unikama berusaha mengejar ketertinggalan. “Kami pacu mahasiswa agar mau belajar berinvestasi. Karena ini juga untuk masa depan jangka panjang mereka,” jelas Ati. (erem)