Menu

Ikuti MTQMN XVI 2019 di Aceh, Unikama Kirim Tiga Mahasiswa

UNIKAMA – Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI 2019 kembali digelar. Dalam ajang bergengsi tingkat nasional ini digelar di Provinsi Aceh, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengirimkan tiga wakil terbaiknya untuk bersaing dengan perguruan tinggi lain dari seluruh Indonesia.

Mereka adalah dua orang mahasiswi, Luluk Qomariyah dan Nafisah dari jurusan pendidikan matematika, angkatan 2016, serta satu orang mahasiswa, M. Abdul Munib, mahasiswa jurusan bahasa Indonesia angkatan 2017.

Pada gelaran MTQMN XVI 2019 di Aceh ini, ketiga wakil Unikama turun dalam dua kategori perlombaan. Luluk Qomariyah dan Nafisah turun dalam perlombaan kategori musabaqoh karya tulis ilmiah Alquran. Sementara Abdul Munib turun dalam kategori perlombaan musabaqoh tartilil Quran.

Darul Huda, ketua Lembaga Dakwah Mahasiswa (Ledma) Al Farabi Unikama yang menaungi keagamaan menjelaskan, MTQMN di Aceh dilaksanakan mulai 28 Juli 2019 sampai 4 Agustus 2019.

Dilakukan proses pemilihan dalam menentukan tiga wakil Unikama untuk bisa mewakili dalam ajang MTQMN tersebut, tentunya dilakukan seleksi maupun pengiriman karya tulis.

“Untuk yang qira’ah itu langsung kami mendelegasikan satu orang. Tapi kami menyeleksi dulu, seleksi internal. Siapa yang terpilih akan dilatih dan dibimbing secara intensif serta didampingi yang ahli. Kalau untuk karya ilmiah, langsung mengirimkan dulu karya tulis ke MTQMN. Setelah itu, mereka akan mengumumkan nama-nama yang lolos. Baru dipanggil ke sana. Dan untuk karya tulis ilmiah, saat ini masuk 50 besar,” ungkap mahasiswa semester enam ini.

Unikama tak terlalu memikirkan hasil yang akan diraih. Sebab, bagi Unikama wakilnya diharapkan bisa membawa nama baik kampus Unikama untuk bersaing dengan kampus lain dalam MTQMN XVI 2019.

Diharapkan, wakil Unikama yang mengikuti MTQMN tahun ini, apa pun hasilnya nanti bisa membawa nama baik kampus. Disisi lain, yang terpenting sudah memaksimalkan proses dan keikutsertaan dalam kegiatan tersebut, jelasnya.

“Untuk kompetisi selanjutnya dan ke depan, kami berharap Ledma Al Farabi selalu istikamah ikut kegiatan semacam ini. Selain itu lebih banyak antusiasme dari mahasiswa Unikama dalam mengikuti seleksi internal yang diadakan oleh Ledma Al Farabi. Tidak hanya itu, semoga selalu ada bibit baru,” pungkas dia.