Menu

Ikuti Program SEA-TEACHER, 4 Mahasiswa Unikama Ditempatkan di Central Bicol State University of Agriculture, Naga dan University of Cordilleras Filipina

UNIKAMA – South East Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) kembali menggelar program Pre-Service Student Exchange Teacher in South East Asia (SEA-TEACHER). SEAMEO bekerjasama dengan 95 Perguruan Tinggi dari wilayah ASEAN (The Association of Southeast Asian Nation) seperti Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Tahun 2019 ini merupakan batch ke-8 SEAMEO menggelar SEA-TEACHER. Ada 956 mahasiswa yang mengikuti program ini. Pada tahun ini pertama kalinya Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengirimkan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris untuk mengikuti program tersebut.

“Sebenarnya di Unikama sendiri sudah tiga tahun terakhir ini melakukan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) International di Malaysia, hanya saja ini kali pertama kami mengikuti program SEAMEO,” papar Ayu Liskinasih, M.Pd Ketua International Relation Office (IRO).

Ada 4 mahasiswa yang ditempatkan di Filipina yaitu Erhan, Meldiana, Rika Anjarwati, dan Gilang. Mereka merupakan mahasiswa Prodi Bahasa Inggris semester 7. Tidak mudah untuk mengikuti program ini, ada beberapa tahap yang harus mereka lewati.

“Mahasiswa Unikama ini harus mengikuti tahap seleksi administrasi, tes Bahasa Inggris, tes mengajar dan tes wawancara,” tambah perempuan berambut pendek ini.

Suatu kebanggaan tersendiri bagi 4 mahasiswa ini, karena dua mahasiswa ditempatkan di Central Bicol State University of Agriculture, Naga dan dua lainnya di University of Cordilleras disana mereka tidak hanya mempelajari proses belajar dan mengajar, akan tetapi juga budaya yang ada di Filipina.

Harapan kedepannya, setelah mahasiswa mengikuti program ini, mereka bisa lebih meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, menjadikan mereka sebagai tenaga pendidik yang kompeten dan berwawasan global.