Menu

IMPLEMENTASIKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA, UNIKAMA TANDA TANGANI MOU DENGAN ITN MALANG

Unikama – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) siap mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI). Dalam rangka mengimplementasikannya, Unikama menggandeng beberapa kampus di Malang untuk turut bekerja sama demi kesuksesan program tersebut.

Hari ini, rabu (23/9) Unikama melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Kampus Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Bertempat di ruang rapat Rektorium Lantai 2 kampus ITN Malang, acara tersebut dihadiri perwakilan dari kedua kampus. ITN Malang dihadiri langsung oleh Rektor ITN Malang beserta jajarannya antara lain, Wakil Rektor 1, 2, dan 3, Dekan Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Direktur Program Pascasarjana, dan Kepala Lembaga Pengkajian & Lembaga Kerja. Sedangkan rombongan dari Unikama dihadiri oleh Rektor Unikama, Kepala Bagian Kerjasama, Dekan Fakultas Sains & Teknologi, serta Kepala Humas Unikama.

Dalam Sambutannya, Rektor ITN Malang, Dr. Ir. Kustamar, MT., merasa senang telah menjalin kerja sama dengan Unikama. Harapannya dengan adanya kerja sama ini, ITN Malang dan Unikama mampu saling membantu dalam pelaksanaan program MBKM nantinya. “Dengan kerjasama ini harapannya kita dapat menjalankan program kemitraan dalam pelaksanaan MBKM. Nanti kita dapat mendiskusikannya lebih jauh mengenai detail pelaksanaannya” ujarnya.

Sedangkan Rektor Unikama, Dr. Pieter Sahertian, M.Si. juga mengungkapkan kegembiraannya atas kerjasama yang dilakukan oleh Unikama dan ITN Malang “Ini momentum bagi unikama untuk menjalin kerjasama dengan ITN Malang dan Perguruan Tinggi yang lain. Selain MBKM, harapannya kita juga bisa mengembangkan kerja sama dalam bidang lain seperti penelitian dan publikasi antara kedua belah pihak” ungkapnya.

Kerja sama ini diharapkan mampu memberikan hasil yang positif serta simbiosis mutualisme bagi kedua kampus dalam menjalankan program MBKM nantinya, sehingga mahasiswa yang nantinya akan menjalankan program MBKM, baik mahasiswa Unikama maupun ITN Malang mampu mendapat pengalaman dan ilmu yang bermanfaat. Serta mampu membawa dampak positif bagi kedua kampus ini.

Bentuk kerjasama di Program MBKM ini mencakup pembelajaran luar Perguruan Tinggi di Fakultas Sains dan Teknologi Unikama, khususnya Program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Kedua Program Studi tersebut yang memiliki rumpun ilmu dan mata kuliah yang sama dengan ITN Malang. Namun tidak menutup kemungkinan, kedepannya kerjasama juga akan dilakukan lintas Program Studi yang lainnya.

Setelah penandatanganan Nota Kesepahaman, acara dilanjutkan dengan diskusi untuk membahas mengenai detail pelaksanaan kerjasama dalam Program MBKM.