Karya Ilmiah Dosen Masuk Jurnal Internasional

UNIKAMA – Publikasi ilmiah dosen Indonesia di tingkat internasional sangat minim. Karena itulah 60 dosen Perguruan Tinggi (PT) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) se Jawa Timur ikuti Workshop Penulisan dan Publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional yang terindeks scopus.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Assosiasi Prodi PGSD PT PGRI Jawa Timur, kemarin di ruang Abdoel Rajab, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama).

Dua pemateri didatangkan, satu diantaranya pakar publikasi artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional, Dr. Ade Gafar Absullah, M.Si. dari Univeritas Pendidikan Indonesia, Bandung dan Muhammad Nur Hudha, M.Pd. Kepala Pusat Publikasi dan Penerbitan di Unikama.

Ketua Assosiasi PGSD Jawa Timur, Sri Rahayu, M.Pd. mengatakan bahwa workshop ini merupakan kegiatan ketiga dari Program Kerja Assosiasi PGSD yang kedua setelah beberapa waktu lalu dilakukan di Sumenep Madura dan Kediri. Berikutnya akan dilaksanakan di Tuban.

“Kami berharap setelah workshop ini nanti, artikel-artikel ilmiah yang disusun para dosen ini bisa dimuat di jurnal internasional terindeks scopus. Karena itu tuntutan Dikti dekade sekarang.Tentu setelah diperiksa oleh pak Ade,” kata Sri Rahayu.

Sri Rahayu juga menegaskan saat ini sedang disiapkan terbitan jurnal assosiasi. Diantara waktu sebelum jurnal assosiasi itu terbit, peserta workshop ini diharapkan sudah ada yang lulus setelah diperiksa Ade untuk dimasukkan ke jurnal assosiasi.

“Dan ini kesempatan yang besar untuk bisa dimasukkan ke jurnal internasional yang terindek scopus tadi,” ujarnya.

Menurut Rahayu, memang sudah seharusnya di era sekarang ini karya-karya ilmiah para dosen ini bisa bersaing secara internasional. “Entah itu karena ada tuntutan Dikti atau tidak,” tegasnya.

Mudah-mudahan, lanjut Sri Rahayu, Indonesia suatu saat bisa memiliki indeks tersendiri.
Dalam acara itu ikut memberikan sambutan Kaprodi PGSD, Dr.Cicillia Ika Rahayu Nita M.Pd serta Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Unikama, Drs. Triwahyudianto, S.Pd, M.Si. (TI)