Shinta KKN

Keramahan masyarakat dan alam pedesaan di Kabupaten Malang membuat Shinta Triyoga begitu terkesan. Itu pula yang membuatnya betah menjalani KKN (kuliah kerja nyata) di Desa Bangelan, Kecamatan Ngajum. “Pas pertama penempatan, sambutan para aparatnya begitu hangat. Mereka sangat welcome,” ungkap mahasiswi llmu Hukum Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) itu.

Begitu pula ketika dia dan timnya menjalankan program pendataan rumah tangga di Desa Bangelan. Sambutan para warga sangat luar biasa. Dan hal itu mengingatkan dia akan kampung halamannya di Blitar. “Sama-sama asri, meski masih tampak alami di sini (desa-desa di Kecamatan Ngajum),” tuturnya.

Berbicara soal potensi desa tempatnya KKN, gadis yang tinggal di Dau, Kabupaien Malang, itu mengungkapkan bahwa Bangelan sangat kaya dengan peternakan kambing. Hanya saja selama ini orientasi para peternak masih untuk diperjual belikan atau diambil dagingnya saja. “Sebenarnya bisa saja dikembangkan menjadi sentra susu kambing, tapi itu butuh waktu yang lama,” tandas dia. (erma)

Keramahan Warga, Ingat Desa Asal