Menu

Mahasiswa KKN Unikama Bantu Desa Karangsono Wujudkan Kampung Tangguh Lawan Covid-19

Unikama – Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kelompok 09 yang berada di Desa Karangsono Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan membantu warga dan perangkat desa untuk mewujudkan kampung tangguh lawan virus Covid-19. Desa Krangsono sendiri merupakan daerah yang memiliki tingkat penyebaran Covid-19 yang cukup mewabah. Oleh karena itu, dengan mencanangkan kampung tangguh ini diharapkan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Julius Ronaldo Prayogo selaku ketua kelompok menjelaskan bahwasannya ia dan teman-temannya diminta membantu untuk mewujudkan kampung tangguh melalui Program Kerja (Proker) KKN yang salah satunya adalah sosialisasi penerapan cuci tangan sesuai anjuran WHO dan juga membagikan masker kepada masyarakat sekitar.

“Di mulai dari hal yang paling dasar dahulu untuk menyadarkan warga masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan juga kesehatan dengan melakukan sosialisasi cara mencuci tangan dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, mereka juga membantu desa di bidang pendidikan, kemasyarakatan serta pembangunan desa. Banyak sekali ide-ide kreatif mahasiswa untuk berinovasi meningkatkan produktivitas Desa Karangsono.

“Kami juga membuatkan Taman Toga seperti jahe, kunir, kencur, dan menanam berbagai macam sayuran seperti cabai, bayam, tomat, terong, sawi. Tak hanya itu, kami dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) juga membantu SDN Karangsono membuatkan modul buku ajar yang sudah didiskusikan dengan kepala sekolahnya,” ungkapnya.

Mohammad Alim selaku Kepala Desa Karangsono sangat senang sekali dengan adanya mahasiswa KKN dari Unikama yang telah bersedia membantu warga masyarakat dan perangkat desa mewujudkan Kampung Tangguh Lawan Covid-19.

“Mahasiswa KKN dari Unikama sangat membantu sekali terutama dalam menyumbangkan ide untuk memajukan desa. Proker yang mereka punya juga sangat bagus, seperti contoh yang menyasar di bidang pendidikan. Membantu dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar dan ada banyak lagi proker yang tentunya sangat kreatif. Saya berharap akan ada banyak lagi mahasiswa Unikama yang bisa bersinergi dengan masyarakat untuk membangun, tidak hanya di Desa Karangsono saja tetapi juga yang berada di desa-desa lainnya,” tuturnya.

Sedangkan, Dr. Sri Hariyani, M.Pd selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL) sangat bangga dengan apa yang dilakukan oleh mahasiswa KKN kelompok 09 di Desa Karangsono untuk membantu mewujudkan Kampung Tangguh.

“Program yang dilaksanakan mahasiswa KKN kelompok 09 sangat luar biasa. Saya berterimakasih kepada perangkat desa yang sudah mendukung proker mahasiswa kami sehingga bisa dilaksanakan dengan lancar. Meskipun saya tidak bisa mendampingi secara langsung karena adanya pandemi, hal ini tidak menyurutkan semangat dan antusiasme mahasiswa,” paparnya.

Ia berharap, upaya mahasiswa untuk ikut serta mewujudkan kampung tangguh dapat menanamkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat seperti selalu menggunakan masker, sering mencuci tangan, dan tetap jaga jarak dalam melakukan aktivitas.