Menu

Mahasiswa KKN Unikama Bantu Penanaman Pisang di Desa Mayak Bengkayang Kalimantan Barat

UNIKAMA – Dimasa pandemi Covid-19, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kelompok 40 bantu petani pisang. Kelompok yang dibimbing langsung Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Dr. Teguh Sulistyo, S.Pd., M.Pd. ini membantu petani pisang di Desa Mayak Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang dengan menanam pisang untuk kebutuhan pangan.

“Kegiatan penanaman pisang ini saya lakukan untuk membantu para petani yang terdampak Covid-19. Sebelumnya mereka mengeluh dengan kondisi ekonomi yang semakin buruk,” ungkap Komarudin, anggota KKN kelompok 40 Desa Mayak.
Pada masa pandemi seperti ini, petani sangat butuh bantuan untuk meningkatkan penghasilan yang menurun. Karena kondisi Desa Mayak yang memiliki tanah subur, mereka membantu melakukan penanaman pisang. Dengan kegiatan semacam ini, setidaknya bisa meningkatkan penghasilan petani yang terdampak covid-19, tambahnya.
Sementara itu, sumber bibit pisang berasal dari kelompok tani Desa Mayak. Dengan bantuan lahan yang disediakan oleh petani di Desa Mayak, ia mencoba membuatkan media penanaman pisang. Bibit pisang ini merupakan hasil kerjasama dari petani Desa Mayak dengan dinas pertanian Kabupaten Bengkayang, ungkap Ali, Ketua kelompok tani Desa Mayak Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.
“Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN Unikama. Mereka begitu peka dan peduli terhadap kondisi ekonomi para petani Desa Mayak ini yang terdampak Covid-19,” ujar Jumpung, Kepala Desa Mayak.