Menu

Mahasiswa KKN Unikama Buat Tempat Cuci Tangan di Kelurahan Bandungrejosari Malang

Unikama – Wabah Covid-19 yang menjadi pandemi dunia ini memang menjadi salah satu bayang-bayang menakutkan. Banyak nyawa yang melayang karena virus Covid-19 atau lebih sering disebut Corona. Virus yang menyebar melalui Droplet dan udara ini tentu saja sedikit banyaknya menghalangi aktivitas di luar rumah.

Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) angkat program kerja “Kesehatan Masyarakat dan Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19” bersama Riski Nur I.D,S.Si.,M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di RT 08 RW 05 Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

“Kegiatan dilakukan dengan membagikan masker kepada warga setempat, membuat tempat cuci tangan yang diletakan di tempat umum seperti Masjid dan mushola yang ada dilingkungan warga, penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan bersama para warga, serta pembuatan Banner tentang pencegahan covid-19 yang dipasang dihalaman warga,” ungkap Ketua kelompok Altonsinius Irwan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat betapa pentingnya menjalankan protokol kesehatan dan melakukan pola hidup bersih di masa pandemi seperti sekarang ini. Selain itu pembagian masker juga dilakukan agar menyadarkan masyarakat agar selalu memakai masker ketika beraktivitas diluar rumah dan ketika sakit sehingga bisa mengurangi resiko penularan Covid-19.

Sementara itu, Muchammad Soleh selaku Ketua RT. 08 Kelurahan Bandungrejosari mengatakan bahwa kehadiran mahasiswa KKN sedikit membantu memberikan pemahaman kepada warga untuk selalu melakukan pola hidup bersih dan sehat terutama di masa pandemi Covid-19.

“Masih banyak warga yang tidak memakai masker dengan berbagai alasan. Padahal, menjaga kesehatan di masa pandemi ini sangat perlu dilakukan,” ujarnya.

Program kerja (Proker) yang dilaksanakan disambut baik oleh warga setempat terbukti mereka antusias membantu dalam proses pelaksanaan kegiatan KKN. “Kami sangat berterimakasih sekali karena sudah peduli di tengah Covid-19. Pembagian masker ini sangat membantu dan menyadarkan kami akan pentingnya menjaga kesehatan. Harapan kami kegiatan ini bisa diikuti oleh para pemangku-pemangku kebijakan daerah, para anggota dewan untuk senantiasa berpikir bagaimana mensejahterakan masyarakat, terutama dimasa pandemi Covid-19,” kata seorang warga yang berprofesi sebagai tukang ojek online.

Diharapkan dengan diadakannya Proker ini, warga RT 08 RW 05 Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang dapat menerapkan secara mandiri protokol kesehatan dan pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan dan selalu memakai masker agar mengurangi resiko penularan Covid-19.