Menu

Mahasiswa KKN Unikama Kembangkan Potensi Masyarakat di Desa Sananrejo Turen

UNIKAMA – Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Era New Normal baru pertama kali dilaksanakan oleh Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) pada tahun 2020. Sebagai bentuk respon terhadap pandemi, Unikama menemukan inovasi baru mengenai pelaksanaan KKN tahun ini. Diantaranya mahasiswa melaksanakan program kerja didaerah tempat tinggal masing-masing.

Di Era New Normal ini, mahasiswa KKN Unikama diberikan kelonggaran untuk memilih kelompoknya sendiri atau memilih untuk melaksanakan KKN secara individu. Selain itu, seluruh mahasiswa juga bisa memilih sendiri desa mana yang akan dijadikan tempat untuk melaksanakan kegiatan KKN.

Mahasiswa dari berbagai program studi (Prodi) yang ada di Unikama ikut memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam kegiatan positif di era new normal. Seperti yang dilakukan kelompok 43 KKN Desa Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang yang di dampingi Siane Herawati, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Kegiatan KKN yang dilaksanakan mengusung tema “Mengembangkan potensi masyarakat Desa Sananrejo Kecamatan Turen untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam kegiatan positif di Era New Normal”. Banyak kegiatan yang dilakukan, diantaranya pemahaman masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dengan pembuatan fasilitas pendukung. Seperti pembuatan taman bunga untuk masyarakat setempat, memberikan bimbingan belajar kepada siswa siswi SD dan SMP, mengajar TPQ dengan metode yang menyenangkan.

“Kami juga ikut serta membantu kegiatan desa, seperti pelayanan kesehatan di POSKESDES, pelayanan kesehatan lansia, pelayanan kesehatan balita dan pelayanan masyarakat,” tutur anggota kelompok 43, Farid Efendi.

Tidak kalah menarik, kegiatan yang dilaksanakan selama KKN berlangsung adalah menanam bunga. Penanaman ini untuk meningkatkan produktifitas sebagai wujud supporting ketahanan desa yang asri. Hal itu dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai budidaya bunga melati merah, bunga Taiwan, bunga krokot merah, bunga krokot putih, bunga kuncir merah. Disamping itu juga tata cara penanaman disekitar balai desa yang diharapkan dapat menambah keindahan taman di balai Desa Sananrejo kecamatan Turen Kabupaten Malang.

Farid menambahkan, tanggapan positif diberikan masyarakat dan para pelajar kepada mahasiswa KKN ini, terlihat antusias luar biasa yang diberikan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan mendukung penuh kegiatan yang di selenggarakan oleh Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang.