Menu

Mahasiswa KKN Unikama Lakukan Sosialisasi dan Penyuluhan Pembuatan Hand Sanitizer untuk Ibu PKK Kelurahan Mekarjaya Kota Depok

Unikama – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 47 Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Maria Cholifah S.S., M.Pd, yang berada di Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya Kota Depok ini mengadakan sosialisasi dan penyuluhan pembuatan hand sanitizer kepada masyarakat khususnya ibu rumah tangga setempat.

Angela Dea Chrystyanti selaku Ketua kelompok menjelaskan bahwa tujuan untuk mengadakan Sosialisasi dan Penyuluhan pembuatan hand sanitizer akan kesadaran masyarakat penting menjaga kesehatan dan kebersihan selama masa pendemi Covid-19 ini.

“Seperti yang kita ketahui saat ini handsanitizer sangatlah penting yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk pencegahan penularan Covid-19. Masyarakat tidak harus membeli, dengan bahan yang sederhana dan mudah dibeli dengan harga terjangkau sudah bisa dijadikan hand sanitizer,” ungkapnya.

Dimasa pandemi Covid-19 banyak sekali masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, membawa hand sanitizer dan sebagian masyarakat menganggap bahwa harga hand sanitizer itu mahal.

“Mahalnya hand sanitizer membuat masyarakat enggan untuk membelinya. Sedangkan jika membuat sendiri, mereka masih banyak yang bingung cara pembuatan handsanitizer serta bahan apa saja yang dipakai untuk komposisinya. Selain itu, mereka takut salah mempraktikan dan tidak sesuai dengan yang WHO tetapkan,” tambahnya.

Untuk pembelian bahan dan alat didapatkan iuran pribadi mahasiswa KKN itu sendiri. Sedangkan, bahan-bahan juga mudah didapat, aman dan harganya juga terjangkau. Bahan pembuatannya antara lain alkohol yang dapat dibeli di apotik, aloevera gel, dan botol spray sebagai tempatnya nanti.

Drs. Zainal Arifin, M.Si selaku Lurah Mekarjaya mengatakan bahwa ditengah pandemi Covid-19 banyak sekali masyarakat yang tidak mentaati peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Saya sangat mengapresiasi ide dari mahasiswa dan juga antusias dari masyarakat khususnya ibu rumah tangga dengan adanya Sosialisasi dan Penyuluhan Pembuatan hand sanitizer dari mahasiswa KKN dari Unikama ini. Hal ini agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri agar mencegah penularan di masa pandemi Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, Rita Erry Variani selaku Ketua PKK juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN Unikama telah mengadakan sosialisasi dan penyuluhan pembuatan hand sanitizer ini dapat menyadarkan masyarakat bahwasannya menjaga kebersihan itu sangat penting apalagi ditengah masa pandemi Covid-19.

Ditengah masa pandemi Covid-19 peran mahasiswa membantu masyarakat sangatlah diperlukan. Ide-ide dari mahasiswa itu sendiri dapat membangkitkan semangat untuk masyarakat untuk selalu menjaga satu sama lain.