Menu

Mahasiswa Unikama Lakukan Sosialisasi Pengenalan dan Pencegahan Covid-19

UNIKAMA – Covid-19 merupakan virus yang saat ini mengemparkan seluruh negara, meski demikian, di Indonesia khususnya di desa masih ada masyarakat yang tidak mengetahui apa itu corona atau covid-19.

Untuk itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) melakukan sosialisasi tentang pengenalan dan pencegahan covid-19, (20/7/2020). Sosialisasi yang dilaksanakan di Kantor Desa Sumbersuko ini untuk memberikan pemahaman kepada masyakarat tentang Covid-19, apa itu covid dan bagaimana cara pencegahannya.

Kegiatan ini merupakan program kerja (Proker) kelompok 47A Desa Sumbersuko yang dibimbing Dosen Pembimbing Lapang (DPL), Maria Cholifah, SS., M.Pd. Pelaksanaan program sosialisasi ini, mahasiswa KKN menggunakan dua cara, pertama mengumpulkan masa dalam ruangan kantor desa, dan yang kedua dengan penyebaran pamflet tentang sosialisasi Covid-19 ke masyarakat yang tidak sepat berkumpul.

“Kami melihat dengan siatuasi saat ini, di mana masih dalam pembatas sosial. Jumlah warga yang kami hadirkan di Kantor Desa hanya 15-20 orang dengan mengikuti protokol kesehatan. Kami juga menyebarkan pamflet tentang pencegahan Covid-19 kepada masyarakat yang tidak hadir di kantor desa dengan mendatagi rumah mereka,” kata Hedra Prasatio, selaku ketua kelompok 47A.

Dengan ini, diharapkan kegiatan sosialisasi ini dapat memberi pemahaman masyarakat Desa Sumbersuko dalam situasi pademi saat ini. Selain itu, sebagai informasi untuk siaga Covid-19 bagi masyarakat itu sendiri. Terlihat, masyarakat yang hadir sangat antusias dengan pemberian sosialisasi oleh mahaiswa KKN.

Hal ini di apresisasi oleh Kepala Desa dengan mengucapkan terima kasih dengan adanya sosialisasi ini. Dengan ini, diharapkan dapat memberikan sedikit pengetahuan atau pemahaman masyarakat terhadap bahayanya Covid-19 di masa pandemi sekarang ini, ungkap anggota kelompoh 47A, Andrianus Junaidi.