UNIKAMA – Deretan Alat Permainan Edukatif (APE) dipamerkan pada Dies Natalis Program Studi (Prodi) PG-PAUD di Aula Sarwakirti Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kemarin. APE ini merupakan hasil karya 9 guru dari berbagai TK se-Kota Malang.

Salah satu deretan Alat Permainan Edukatif (APE) yang cukup mencolok adalah milik Renitaningtyas dari TK Laboraturium UM. Ia membawa APE yang diberi nama Nakamoli (Peternakan Kesayangan Moli).

Sesuai namanya, visual APE ini dibuat layaknya seperti peternakan. Ada domba putih yang terbuat dari kumpulan kapas dengan rangka cup ice cream dan kelinci yang terbuat dari cangkang telur. Agar semakin nyata, Renitaningtyas menggunakan stick ice cream untuk membuat rumah gubuk ladang.

APE ini dibuat dengan beberapa jenis bahan seperti cangkang telur, biji saga, kulit kacang arab, dan busa api.

“Kegunaannya utamanya adalah melatih kognitif anak. Adanya domba dan kelinci ini bisa digunakan anak untuk belajar berhitung. Bisa juga untuk dibuat peragaan sosio drama. Anak-anak nanti akan diajak berimajinasi drama apa yang ada dalam peternakan itu,” jelasnya.

Tak kalah apik, APE karya Melda, S.Kep, guru TK IT An-Nafi’. Ia membuat tiga visualisasi suasana pada desainnya, yakni suasana pantai, jalanan, dan hutan. Dengan harapan APE yang dinamai Dorama ini mampu menjadi media multifungsi dalam mengembangkan kognitif anak.

Bahan-bahannya yang digunakan diantaranya sterofoam, kapas, dan pasir pantai untuk membuat visual pantai. Sedangkan untuk visual hutan, ia membuat pohon dengan menggunakan botol plastik minuman soda berwarna hijau.

“Nanti ini ada gambar-gambar hewan yang sudah diberi tusuk sate. Anak akan diarahkan untuk menaruh dimana gambar ikan ditempatkan atau gambar sapinya. Nanti terserah sesuai imajinasi mereka. Dari situlah kita nanti akan melihat kognitif anak,” paparnya.

Sembari melihat pameran APE, di sisi panggung anak-anak kini tengah mengikuti lomba tari dan fashion show. Tak hanya itu, lomba paduan suara Mars PGRI dan lomba mendongeng yang diikuti guru serta mahasiswa juga turut menyemarakkan acara hari ini. (erma)

MAINAN ATRAKTIF SEKALIGUS MENDIDIK DIPAMERKAN DI UNIKAMA