Menu

Perkuat Hablumminallah dan Hablumminannas

UNIKAMA – Halalbihalal usai hari raya Idul Fitri menjadi momen yang tak pernah absen dilakukan Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Seluruh warga kampus, mulai dari pejabat kampus, dosen, dan karyawan hadir di Aula Sarwakirti untuk halalbihalal.

Kegiatan tersebut diisi acara ceramah dari Ustad Khoiruddin yang membahas tentang keistimewaan halalbihalal.

”Hanya di Indonesia yang setelah perayaan hari raya Idul Fitri atau salat Id dilanjutkan dengan halalbihalal. Di salah satu negara Timur Tengah, sebenarnya ada yang mirip, namun tidak saling mengucap maaf. Hanya sekadar salam-salaman biasa. Itulah istimewanya hari raya di Indonesia. Sifatnya menyenangkan orang banyak,” ucapnya.

Dalam ceramahnya, Ustad Khoiruddin juga mengutarakan tentang dua hal yang perlu diingat, yakni hablumminallah (hubungan baik dengan Allah) dan hablumminannas (hubungan baik dengan sesama manusia). Dia menegaskan betapa butuhnya manusia kepada Sang Pencipta.

”Hubungan dengan Sang Pencipta harus selalu istiqamah. Harus selalu dijaga karena kita perlu. Saya ibaratkan seperti butuh bikin KTP, yang datang ke Pak RT ya yang butuh. Bukan Pak RT yang mampir ke rumah bersangkutan,” terangnya.

Kemudian, hubungan dengan manusia lebih sulit. Apalagi urusan saling memaafkan. ”Jika dengan Allah kita tinggal melaksanakan salat, banyak istigfar, bertobat. Tapi, jika dengan sesama manusia, harus ada rasa untuk saling memaafkan. Makanya, kegiatan halalbihalal ini menjadi momen terbaik untuk melakukan itu,” ungkapnya.

Sementara itu, kegiatan halalbihalal Unikama tahun ini lebih sederhana dari tahun biasanya. Hal ini disampaikan Rektor Unikama Dr. Pieter Sahertian, M.Si. Dia menyatakan, di tahun lalu, masih ada beberapa hiburan dan musik seperti kasidah.

”Tahun ini, kami memang mengadakan sangat sederhana. Namun, tetap tidak mengurangi esensi dari momen halalbihalal,” ujarnya.

Pieter mengharapkan, aktivitas yang sudah mulai kembali ini bisa dilaksanakan seluruh elemen kampus dengan maksimal.

”Hari ini dan besok kan masuk. Tapi, kemungkinan mulai Senin semua agenda tiap unit sudah mulai dijalankan kembali seperti biasa,” pungkasnya. (rama)