Menu

Sosialisasi Tentang Pencegahan Covid 19 Jadi Proker Mahasiswa KKN Unikama di Dusun Arjomulyo

UNIKAMA – Pentingnya social distancing di era COVID-19 yang terjadi saat ini perlu digalakkan. Seperti yang dilakukan Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di dusun Arjomulyo, (4/8/2020). Selain memberikan sosialisasi, peserta KKN kelompok 07 ini membagikan masker dan Hand Sanitizer kepada warga yang ada di Desa Bangelan Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, terutama kepada para pedagang dan lansia. Sosialisasi ini digunakan agar warga masyarakat lebih memahami mengenai COVID-19 di masa new normal yang sedang berlangsung. Dengan demikian perlu untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan sekitar, terutama dirumah. Selain itu, tidak sering untuk melakukan kegiatan aktivitas di luar rumah.

“Kegiatan sosialisasi tentang COVID-19, pembagian masker dan Hand Sanitizer ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Dengan sosialolisasi ini memberikan wawasan kepada masyarakat betapa pentingnya memakai masker jika keluar rumah, karena bisa mencegah penyebaran COVID-19,” ungkap Ardianto Loba Seingo, ketua kelompok 07.

Masyarakat banyak mengeluh dan susah bernafas jika sedang memakai masker. Akan tetapi, dalam situasi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini tetap harus memakai masker, karena harus mengikuti protokol kesehatan. “Lebih baik kita kesulitan bernafas saat memakai masker, daripada tidak bernafas sama sekali,” ujar ketua kelompok 07.

Ahmad Jufriadi, M.Si. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengatakan,  kegiatan sosialisasi yang dilakukan Mahasiswa KKN Unikama ini untuk kembali mengingatkan kepada  masyarakat agar menjaga kesehatan. Selain itu cara pencegahan dan memutus  penyebaran COVID-19 dan tetap melakukan Social Distancing.

Sementara itu, Samuin, selaku kepala Dusun Arjomulyo mengatakan bahwa mahasiswa KKN Unikama tahun 2020 ini terlihat antusias sekali. Ini dapat dilihat dengan adanya kegiatan sosialisasi terkait COVID-19 dan menyebarkan informasi yang berkaitan dengan antisipasi dan pencegahan virus corona. Karena hal ini sangat penting dilakukan agar tidak semua masyarakat Desa Bangelan khususnya Dusun Arjomulyo yang tau tentang dampak COVID-19, namun juga cara pencegahannya.

“Kami sangat berterimakasih kepada Mahasiswa KKN UNIKAMA yang sudah mau berbagi dengan masyarakat dusun Arjomulyo tentang  bagaimana cara mencegah Virus corona ini. Selain itu, mahasiswa juga menempelkan dan membagikan brosur himbauan terkait COVID-19 serta membagikan masker kepada para pedagang maupun lansia. Selain itu juga menyediakan  kran tempat cuci tangan untuk masyarakat Dusun Arjomulyo,” tuturnya.

Ia berharap, dengan sosialisasi semacam ini masyarakat turut peduli dan dapat bersama-sama melakukan social distancing demi pencegahan dan memutus rantai penyebaran COVID-19. Masyarakat harus disiplin untuk selalu menggunakan masker, selalu cuci tangan dan tetap menjaga jarak ketika keluar rumah, harapnya.