Menu

Susun Pembelajaran Terintegritas

UNIKAMA – Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang) menggelar Forum Penyusunan Perangkat Pembelajaran, kemarin. Kegiatan ini diikuti mahasiswa pascasarjana Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan juga beberapa mahasiswa dari kota lain. Acara yang berlangsung di Auditorium Multikultural ini menghadirkan keynote speaker Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng, M.Pd. dan Drs. Catur Sunariadi M.Pd.

Ditemui di sela acara, sekretaris Pascasarjana Dr. Endah Andayani, M.M., menuturkan pihaknya menggelar acara ini ditujukan untuk melatih para guru merancang rencana pembelajaran secara terintegritas.

“Harapan kami, guru bisa mengakomodasi apa yang dipelajari di sekolah dan yang diaplikasikan kepada para siswanya. Nah, untuk menggelar acara ini kami butuh orang-orang yang memang sudah sangat mahir dalam bidang ini,” tukas Endah.

Menurutnya, integrasi antara teori yang didapatkan dengan penerapan yang ada di lapangan memang tidak bisa diterapkan dengan mudah dan cepat. Dalam hal ini guru harus mempelajari dan memahami detail apa yang dibutuhkan di lapangan dan korelasinya dengan teori itu sendiri.

“Pembelajaran IPS kan hanya 3 SKS, jadi perlu ditambah sesuai dengan sharing dari luar. Nah sharing ini dari mereka yang memang telah mengalami di lapangan seperti apa. Yang kita harus terapkan saat ini tidak hanya teori dalam kelas saja tapi secara operasional di sekolah mereka juga harus paham,” tandasnya. (inka)