Menu

Terapkan Gaya Hidup Sehat, Mahasiswa Unikama Adakan Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer di Kelurahan Pisang Candi

Unikama- Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kelompok 10 melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun Kota Malang, dengan Dosen Pembimbing Lapanagn (DPL) Dr. Timbul Yuwono S.Si.,M.Pd. Ia menyatakan bahwa dengan adanya Pandemi Covid-19 yang harus dilakukan yaitu memutuskan tali rantai penularan Covid-19 atau mencegah Pandemi Covid-19 terhadap masyarakat.

Sesuai dengan tema umum KKN tahun ini, yaitu” Meningkatkan Ketangguhan Masyarakat Dalam Menghadapi Covid-19” program yang dilaksanakan antara lain penyuluhan tentang protokol kesehatan dan membuat Hand Sanitizer yang disetujui oleh kepala RW Kelurahan Pisang Candi.

“Adanya pandemi Covid-19 membuat masyarakat resah terutama dalam bidang kesehatnya. Agar hidup tetap aman dari Covid-19 kami mahasiswa KKN Unikama melakukan penyuluahan dan pembuatan Hand Sanitizer atau pembersih tangan bersama masyarakat di Kelurahan Pisang Candi. Di saat situasi pandemi seperti ini Hand Sanitizer harganya meningkat, kami dari mahasiswa KKN Unikama melakukan pembuatan Hand Sanitizer dengan harga yang terjangkau,” ungkap Ketua Kelompok Yasinta Funan.

Setelah selesai membuat Hand Sanitizer kami mahasiswa KKN Unikama membagikan hasil tersebut kepada masyarakat yang ada di Kelurahan Pisang Candi. Dengan adanya pembuatan Hand Sanitizer yang kami adakan,  masyarakat juga bisa mempraktikkan di rumahnya masing-masing sesuai dengan standar WHO yang sudah ditentukan. Mengingat masih banyak warga yang tidak mengetahui cara pembuatan hand sanitizer yang baik dan benar.

Wiwin salah satu masyarakat dari kelurahan Pisang Candi menyampaikan bahwa dengan adanya Proker yang dilaksanakan mahasiswa KKN sangat membantu mereka di situasi dan kondisi sekarang.

“Pelatihan pembuatan Hand Sanitizer yang diadakan mahasiswa KKN Unikama diharapkan bisa membantu mengurangi rantai penularan Covid-19.Permasalahan masyarakat di tengah pendemi masih berkenan dengan perihal ekonomi seperti banyaknya masyarakat di PHK kehilangan mata pencaharianya sehari-hari. Jadi dengan adanya pembuatan Hand Sanitizer tersebut memudahkan masyarakat yang kehidupan ekonominya pas-pasan agar bisa membeli bahan-bahanya dengan harga terjangkau untuk bisa membuat Hand Sanitizer sendiri di rumahnya masing-masing,” terangnya.

Dimana dalam masa pandemi ini telah diberlakukan Era New Normal atau adaptasi baru, diketahui bahwa tempat perbelanjaan dan tempat Ibadah sudah mulai aktif  tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, disediakan tempat cuci tangan,serta memakai Hand Sanitizer kemana-mana dan harus tetap berjaga jarak.

Mahasiswa KKN Unikama berharap kegiatan  ini dapat menyadarkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada agar bisa memutuskan tali rantai penularan Covid-19.