Menu

Tim Asesor Pantau SI Unikama

UNIKAMA – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menyambut kedatangan Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kunjungan kali ini dalam rangka visitasi Akreditasi Program Studi S1 Sistem Informasi, kemarin. Tim Asesor BAN-PT terdiri dari Dr. Ir. Inggriani (ITB), Dr. Techn. Ahmad Azhari, M.Kom (UGM).

Bertempat di gedung Abdoel Radjab Unikama, Tim Asesor diterima oleh Dekan dan Kaprodi.  Kegiatan visitasi ini langsung dibuka oleh Dekan FST Yusril Ardian, S.Kom., M.Kom. Dalam pembukaan Yusril, sapaan akrapnya, berharap agar kedepannya SI lebih maju dan makin berkembang.

“Melalui proses visitasi akreditasi Program Studi ini, diharapkan ditemukan permasalahan substansial dalam penyelengaraan Program Studi SI untuk ditindaklanjuti sebagai butir penting dalam perbaikan Program Studi SI,” harapnya.

Disisi lain, kegiatan visitasi ini bukan hanya untuk memenuhi amanat UU No. 12 tentang Perguruan Tinggi, tapi menjadi ajang evaluasi kelembagaan untuk meningkatkan standar mutu. Dengan demikian, SI yang ada di Unikama terus mengembangkan sayapnya dalam mengelola unitnya.

Sedangkan dalam kesempatan yang sama, Wiji Setyaningsih, S.Kom., M.Kom., Kaprodi SI mengucapkan selamat datang kepada Tim Asesor, disampaikan bahwa Akreditasi kali ini merupakan yang kesekian kalinya. Hal semacam ini merupakan salah satu komitmen Unikama untuk terus melaksanakan sistem penjaminan mutu.

Melalui kegiatan visitasi asesor ini diperoleh gambaran tentang mutu penyelenggaraan tinggi yang dilaksanakan Prodi SI Unikama. Tentunya sebagai bagian dari akuntabilitas penyelengaraan Perguruan Tinggi. Hasil akreditasi akan mencerminkan kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab dan keadilan dalam menjalankan proses peningkatan sumberdaya manusia.

Dalam proses visitasi tersebut, tolok ukur yang digunakan sebagai dasar untuk mengukur dan menetapkan mutu dalam menyelenggarakan program-programnya. Sehingga menjadi motivasi untuk senantiasa meningkatkan mutu pada penyelenggaran pendidikan tinggi di Prodi SI.

Salah satu Tim Asesor Dr. Techn. Ahmad Azhari, M.Kom (UGM) menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka melakukan assessment lapangan untuk melihat secara faktual terutama terkait dengan fasilitas pembelajaran.

“Kami ingin menyesuaikan apa yang dilaporkan dengan keadaan yang sesungguhnya. Kadang apa yang dituliskan tidak seindah apa yang ada sebenarnya. Kepolosan yang disampaikan kadang tidak sama, kadang dilapangan lebih bagus dari apa yang dilaporkan,” ungkapnya.

Dikatakan lebih lanjut, bahwa visitasi semacan ini adalah pembuktian, apakah kalimat yang indah diborang seindah pula dengan faktanya, tambah dosen Universitas Gajahmada tersebut. (dinog)