Menu

Tingkatkan Kualitas Kampus, PPK Unikama Lakukan Tracer Study

UNIKAMA – Setelah dinyatakan lulus, mahasiswa masih melakukan perjuangan untuk memperoleh pekerjaan. salah satu hal yang dibutuhkan mahasiswa berupa informasi lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan bidangnya. Oleh karena itu, Pusat Pengembangan Karir Universitas Kanjuruhan Malang (PPK Unikama) melakukan Tracer Study.

Tracer study berupa program bantuan kepada mahasiswa dan alumni untuk karir mereka kedepannya. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan mengisi angket-angket yang ada di web PPK, di mana mahasiswa mengisi data-data lengkap sampai skill apa saja yang mereka miliki. Selain untuk mahasiswa tracer study juga memiliki manfaat tersendiri untuk Unikama, salah satunya membantu Unikama dalam proses akreditasi baik program studi maupun institusi.

“Sebenarnya ini dalam rangka program bantuan pengembangan pusat karir lanjutan. Sudah empat tahun PPK mendapat hibah bantuan dana dan sudah tiga tahun berturut-turut untuk Tracer Study mendapatkan hibah dari dikti. Tahun lalu hanya pada angket, tahun ini instrument lebih bertambah,” ungkap Khairul Barriyah, M.Pd., selaku Koordinator Tracer Study.

Khairul juga menjelaskan bahwa tidak semua perguruan tinggi berhasil mendapatkan hibah tersebut. Semua dilihat dari proposal dan juga kualitas laporan dari hasil sebelumnya.

Diharapkan kepada seluruh mahasiswa lulusan unikama untuk selalu mengisi angket Tracer study. Dengan demikian pihak kampus bisa mengetahui berapa mahasiswa yang sudah mendapat pekerjaan dan berapa jumlah mahasiswa yang belum mendapatakan pekerjaan.

“Jikalau ada yang belum mendapat pekerjaan, pihak kampus akan membantu memberi informasi lowongan kerja untuk mahasiswa,” ungkapnya. (ash)