Menu

Tujuh PT Malang Perbaiki Mutu Jurnal

UNIKAMA – Pengelola jurnal dari beberapa Universitas wilayah Malang memadati ruang Abdul  Rajab, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Berkumpulnya di ruang tersebut (3/1) kemarin, dalam rangka koordinasi Relawan Jurnal Indonesia (RJI) wilayah Malang.

Kegiatan yang dihadiri 33 Pengelola Jurnal Ilmiah ini dari tujuh Universitas Negeri dan Swasta di Malang. Pertemuan kali ini berupa pemilihan koordinator Malang, serta sharing keadaan jurnal. Tujuh perguruan tinggi (PT) yang hadir UM, Unikama, UB, Universitas Tribuana Tungga Dewi, Unira (Universitas Raden Rahmad), Unmer, dan Unisma.

Dalam pertemuan ini, Muhammad Nur Hudha terpilih sebagai koordinator wilayah Malang, ini merupakan hasil dari rapat koordinasi tersebut. Moch. Musafa’ul Anam sebagai wakil ketua, Ronasari Mahaji Putri sebagai sekretaris.

Selain itu, dapat terpetakan beberapa keadaan jurnal yang bervariasi di wilayah Malang, mulai terindeks Scopus, DOAJ, hingga jurnal yang baru lahir. “Kegiatan koordinasi tersebut adalah langkah awal untuk diadakannya kegiatan lanjutan. Salah satu tujuannya untuk memperbaiki mutu jurnal yang ada di wilayah Malang,” ujar koordinator RJI Malang, Aji Prasetya Wibawa.

Pertemuan anggota RJI semacam ini untuk saling mengakrapkan anggotanya, Malang beruntung, karena salah satu inisiator RJI dari Malang. Selain itu, untuk mengkoordinasikan posisi jurnal seperti apa kedepannya, tambahnya.

Sementara itu, wakil rektor (Warek I) Unikama, Dr. Sudi Dul Aji, M.Si., memberikan apresiasi terhadap anggota JRI. Karena, gagasan dan koordinasi semacam ini diperlukan bagi PT agar terus melakukan publikasi ilmiah.

“Publikasi ilmiah sampai saat ini masih dilakukan dengan persi cetak saja. Dengan ini, saya berharap agar tulisan-tulisan dosen bisa dilihat dan divalidasi. Sehingga nantinya tingkat publikasi dan gagasan dari para dosen melahirkan JRI yang tepat,” ungkapnya.

Tuntutan jurnal saat ini semakin tinggi, sementara pengelolaan jurnal belum dikelola dengan baik. Komunikasi semacam ini bisa saling membantu dan saling berbagi, serta saling mendukung agar jurnal di masing-masing PT berkembang dengan baik.

Disamping itu, tulisan dosen juga bisa dipublikasikan dengan baik agar bisa saling sharing. Sementara dari segi konten bisa saling mendiskusikan agar kedepannya RJI lebih baik dan berjalan terus.  Perlu pertemuan berkala dan komunikasi di masing-masing PT agar RJI bisa berkembang dengan baik. (dinog)