UNIKAMA – Young Muda Young Style, Lawan Narkoba, menjadi tajuk utama dalam program BNN Goes To Campus di Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), kemarin. Acara ini dihadiri para mahasiswa dari seluruh fakultas dan siswa-siswi dari 19 SMA/SMK di Kota dan Kabupaten Malang. Hadir juga dari pihak Kodim, Polres Malang Kota dan Pemkot Malang.

BNN Goes To Campus, merupakan program sosialisasi narkoba oleh BNN Kota Malang bekerja sama dengan Biro Akademik Kemahasiswaan Unikama. Acara dikemas santai dan tidak resmi. Sehingga para audiens merasa nyaman selama acara berlangsung.

“Konsep acara dibuat sesantai mungkin, karena kita tahu siswa dan mahasiswa cepat jenuh kalau acaranya terlalu formal,” ungkap Wakil Rektor III Unikama, Dr. Joice Soraya, SH,. M.Hum.
Dalam sambutannya, Joice mengungkapkan, tantangan di masa kini bagi generasi bangsa tidak hanya harta, tahta dan wanita. Tetapi juga narkotika yang menjadi ancaman besar bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Narkotika menjadi ancaman besar bagi bangsa yang mampu menjerumuskan generasi saat ini. Oleh karena itu, semoga acara sosialisasi ini memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi siswa maupun mahasiswa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Malang Kota, Samsul Hidayat, MH., mengapresiasi semangat mahasiswa Unikama dalam menjauhi narkoba. Ia mengungkapkan, sejak dirinya menjabat sebagai Kasat Narkoba sejak tahun 2017 lalu, tidak satu pun kasus narkoba dilakukan oleh mahasiswa UNIKAMA. “Ini menunjukkan bahwa mereka mahasiswa yang baik, yang mampu mengemban kepercayaan dari orang tua untuk menuntut ilmu di kampus ini,” katanya.

Samsul mengatakan, setiap tahun sejak tahun 2017, angka kasus narkoba tetap tinggi. Kasus narkoba khusus yang dilakukan mahasiswa tahun 2017 ada 35 kasus, tahun 2018 ada 26 kasus dan tahun 2019 sampai bulan April saat ini tercatat ada 10 kasus.

“Maka melalui acara ini kami mengajak kepada civitas akademika untuk menyatukan langkah mencapai satu tujuan. Ayo kita perangi narkoba,” serunya.

Kasi P4GM BNN Kota Malang, Badriyah, SH., mengungkapkan, kegiatan BNN Goes To Campus merupakan salah satu upaya untuk mencegah  penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat yang berkembang sangat intensif dan masif.

“Maka dengan program kerja sama ini, kami ingin meyelamatkan generasi bangsa. Mereka kami ajarkan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba agar wawasan semakin luas,” ungkapnya. (rama)

Unikama-BNN Ajak Mahasiswa Jauhi Narkoba