Menu

Unikama Gandeng Empat Kampus di Malaysia

Malaysia

UNIKAMA – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menjalin kerjasama dengan empat universitas di Malaysia. Kunjungan tersebut dilakukan pada (23-26/3) lalu, oleh Rektor Unikama Dr. Pieter Sahertan, M.Si, wakil Yayasan unikama, Christea F, dan IRO Unikama Umiati Jawas, Ph.D. Sebelum MoU dengan Unuersitas Malaysia. Unikama sudah mengembangkan mitra kerjasama dengan Universitas di Vietnam, dan India.

International Relation Office (IRO) Unikama Umiati Jawas, Ph.D menjelaskan, kunjungan tersebut dalam rangka menjalin kerjasama dengan universrtas yang berada di Malaysia. “Kunjungan dilakukan ke empat Universitas di Malaysia,” ungkap Umiati saat ditemui di kantorya.

Dia menjelaskan, pertama melakukan Courtesy Visit (kunjungan kehormatan) ke School of Social adan Economic Development. Universiti Malaysia Terengganu, Terengganu. “Kunjungan dalam rangka MoU, bertemu dengan Programme Chair Or Nor Hayati Sa’at yang didampingi pejabat lainnya.” terang perempuan yang juga menjadi Dosen Jurusan Bahasa Inggris Unikama tersebut.

Kemudian, acara dilanjutkan ke Universiti Sultan Zainal Abidin (UnisZa) Terengganu Malaysia. Disana pihak Unikama melakukan penandatanganan MoU dengan Vice Chancellor UnisZa Prof. Datuk Dr. Ahmad Zubaidi A. Latif.

“Unikama ingin mengembangkan kerjasama dengan Universitas di Malaysia dalam pertukaran mahasiswa dan dosen,” tuturnya.

Setelah itu, Unikama mengunjungi Universitas Utara Malaysia (UUM), Kedah Malaysia, bertemu dengan vice Chancellor UUM, Timbalan Naib Counselor Prof. Madya Dr. Abdul Malek Haji Abdul Karim.

“Rektor Unikama di UUM melakukan penandatanganan kerjasama. Nantinya mahasiswa Unikama melakukan program Student Mobility, Community Service, pelayanan masyarakat dan pelatihan Bahasa Inggris,” katanya.

Setetah itu, Unikama melanjutkan perjalanan ke School of Accountancy UUM dan bertemu dekan Prof. Dr. Kamil Md Idris. Lanjut ke Sechool of Government and international Studies UUM bertemu langsung dekan UUM Dr. Zaheruddin Othman.

“Kerjasama untuk bertukar program pendidikan antara Unikama dengan UUM di bidang Sience, IT dan Bahasa Inggris,” paparnya.

Perjalanan kunjungan MoU pun dilanjutkan ke School of Management Universiti Sains Malaysia (USM), Penang Malaysia bertemu Deputy Dean Dr. Amirul Shah Md Shahbudin. Serta mengunjungi School of Educational Studies, bertemu dekan Prof. Dr. Hairui Nizam ismail. Kunjungan kehormatan berakhir di Vice Chancellor university Sains Malaysia, bertemu Prof. Dato’ Omar Osman, dan Center for Policy Research and International Studies. Chairman Prof. Madya Reevany Bustami. Serta bertemu School of Social Science, dekan Prof. Dr. Azlinda Azman.

Perjalanan Unikama menjalin kerjasama dengan Universiti Malaysia, tidak hanya sampai disini saja. Akan tetapi pihaknya, terus mengembangkan kerjasama secara berkelanjutan. Dia menambahkan, Unikama juga mengirimkan mahasiswanya Prkatik Pengalaman Lapangan (PPL) di universiti Malaysia, begitu sebaliknya mahasiswa Universiti Malaysia juga melakukan PPL di Unikama.

“Tujuan utama kami melakukan kunjungan di empat Universiti Malaysia ini adalah mengembangkan mitra kerjasama dengan serius dan saling bertukar visi dan misi universitas,” pungkasnya. (empe)