Menu

Unikama Gelar Wisuda Daring Pertama Kali, Untuk Cegah Klaster Baru Covid 19

Unikama – Pandemi Covid 19 masih melanda Indonesia bahkan di seluruh dunia, karena itu Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) melaksanakan Wisuda secara Daring (Dalam Jaringan ) untuk pertama kalinya. Dengan dipilihnya gelaran wisuda secara Dalam Jaringan (Daring), diharapkan dapat mencegah timbulnya klaster baru.

Wisuda Daring ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 31 oktober 2020 dengan peserta wisudawan gabungan dari wisudawan Semester Ganjil dan Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 secara live dengan menggunakan zoom.

Dalam acara Jumpa Pers dengan awak media di ruang Humas dan Kerjasama Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) hari Jumat (30/10/2020), Wakil Rektor 1 Unikama, Dr. Sudi Dul Aji, M.Si menyampaikan bahwa Wisuda kali ini diikuti dengan total 1.397 wisudawan dengan rincian Wisudawan Semester Ganjil berjumlah 595 orang dan Wisudawan Semester Genap berjumlah 802 orang dari 17 Program Studi (Prodi) Sarjana Strata 1 (S1) dan 3 Program Pasca Sarjana (S2).

“Calon Wisudawan harus mengumpulkan foto dengan menggunakan Toga dan menguploadnya, sedangkan penyerahan ijazah dan Toga, kami menawarkan dua pilihan yaitu mengambil sendiri secara langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan atau kami kirimkan ke rumah masing-masing dengan biaya pengiriman di tanggung kampus” Terangnya kepada awak media.

Pelaksanaan wisuda ini, seharusnya dilaksanakan pada bulan April 2020 kemarin, tetapi karena adanya pandemi Covid 19, maka Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menunda pelaksanaan wisuda. Namun sampai hari ini ternyata pandemi Covid 19 belum berakhir, sehingga Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) memutuskan untuk melaksanakan Wisuda secara Daring (Dalam Jaringan) di bulan Oktober 2020 ini.

Ketua panitia Wisuda pada periode ini Dr. Ninik Indawati, M.Pd menjelaskan bahwa gelaran wisuda secara Daring Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) di lakukan melalui aplikasi Zoom dengan menggunakan 2 link zoom.

“Peserta wisuda di Tahun 2020 ini berjumlah lebih dari 1.000 orang, untuk itu kami menggunakan 2 link zoom yaitu link 1 dan link 2 karena kapasitas dari zoom hanya bisa 1.000 orang. ” Ujarnya.
Dalam rangkaian proses wisuda Online kali ini akan ada pembacaan hasil wisudawan terbaik yang akan disampaikan oleh Wakil Rektor 1 (Warek 1), sambutan dan ucapan selamat oleh Rektor Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) dan pernyataan pengukuhan wisudawan.

Acara wisuda ini akan dimulai pukul 8.30 sampai pukul 12.00, dengan Ketua Umum PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd dan Kepala LLDikti Wilayah 7 Jawa Timur Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA sebagai pengisi dalam acara gelaran Wisuda Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Wisuda kali ini juga istimewa karena dapat disaksikan oleh lebih banyak orang dan satu keluarga dapat menyaksikan serta menikmati dengan harapan semua tetap merasakan kebahagiaan.