Menu

UNIKAMA MELAJU KE FINAL ISLAMIC APPS NASIONAL

IMG_0026

UNIKAMA(8/3/2016)SEKALI LAGI MAHASISWA UNIVERITAS KANJURUHAN MALANG berhasil MENOREHKAN PRESTASI pada TINGKAT NASIONAL dalam bidang PEMROGRAMAN MOBILE(MOBILE COMPUTING) yang bertempat di Universitas Brawijaya Malang saat tahap final.

Tim “Fu Dev” (Future Developer) UNIKAMA ini masih terbilang baru karena baru terbentuk tapi pencapaian prestasi mereka tidak bisa di anggap sepele, walaupun untuk Lomba IAC (Islamic Application Competition) yang bertingkat Nasional ini belum diputuskan siapa pemenangnya.

Pasalnya dari lomba yang bertingkat nasional tersebut hanya 3 team dari Malang Raya sendiri yang mampu menembus sampai ke tahap final dari kompetisi tersebut bersama total 18 tim yang berasal dari seluruh Indonesia.

3 team asal Malang Raya yang sampai pada tahap final tersebut terdiri dari 2 tim yang berasal dari POLINEMA dan 1 tim dari Unikama, juga berarti UNIKAMA menjadi SATU-SATUNYA UNIVERSITAS SWASTA di Malang Raya yang mampu BERSAING serta TIDAK KALAH dengan UNIVERSITAS NEGERI yang ada.

Tim Fu Dev Unikama ini terdiri dari 3 orang mahasiswa unikama semester 4 Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi  yaitu Rio Bagus R, M. Erif Fanani, Diopenta Haseya D. S. dan seorang dosen yang juga berperan sebagai pembimbing di dalam tim ini yaitu M. Ahsan yang mempunyai tujuan untuk menggali seluruh potensi yang ada dengan mengikuti IAC ini.

Tentu saja hal ini juga menjadikan tim yang baru terbentuk ini sangat memiliki potensi untuk maju ke babak final bahkan bisa sebagai juara dikarenakan kemapuan ketiga mahasiswa ini juga berada pada level yang tidak bisa dianggap enteng juga sang pembimbing yaitu M. Ahsan pada saat menjadi pembimbing tim unikama pada lomba berhasil membawa tim yang lalu untuk menjuarai MICROSOFT CITY APP di Sidoarjo yang saat ini aplikasi hasil buatan tim unikama tersebut digunakan oleh PEMKAB SIDOARJO.

Aplikasi yang team Fu Dev buat bernama “Al-Ta’lim” yang memiliki arti proses pemberian pengetahuan. Berbagai macam fungsi interaktif diantaranya adalah kombinasi berbagai macam kuis dengan materi yang sudah ada, salah satu fitur aplikasi inilah yang mampu membawa tim ini untuk menuju babak final yang akan segera dilaksanakan.

IAC sendiri merupakan lomba pembuatan aplikasi smartphone yang bertemakan “Peran Teknologi dalam peradaban Islam”, Kompetisi ini terdiri dari 2 tahap seleksi yaitu seleksi tahap 1 : pendaftaran sekaligus pengumpulan proposal yang berisikan latar belakang serta tampilan aplikasi berlangsung pada tanggal 1 Oktober- 31 November kemudian seleksi tahap 2 : pengumpulan video penggunaan aplikasi tersebut pada 1 Januari- 29 Februari dan Jika sudah lolos pada masing masing tahap, kemudian melaju ke babak final pada tanggal 25-27 Maret untuk secara langsung mempresentasikan aplikasi buatannya di depan juri bertempat di gedung A FILKOM Universitas Brawijaya Malang bersama tim – tim yang melaju ke babak final lainnya.

Semoga capaian prestasi yang sudah diraih oleh MAHASISWA UNIKAMA ini semakin meningkat dan berkelanjutan menghasilkan raihan prestasi yang luar biasa.