UNIKAMA – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) terus berupaya menumbuhkan wirausahawan-wirausahawan muda. Kali ini melalui Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang digagas Kemenristekdikti.

Dalam rangkaian KBMI itu, kemarin digelar workshop bertajuk Menumbuhkan Karakter Wirausaha Mahasiswa untuk mencetak Wirausahawan Baru yang Kreatif, Inovatif, dan Berdaya Saing Berbasis llmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Acara tersebut berlangsung di auditorium kampus setempat.

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) Unikama Ayu Asmah, M.Pd menerangkan, KBMI merupakan kompetisi mahasiswa tingkat nasional. Program tersebut diharapkan bisa menghasilkan karya kreatif inovatif dalam membuka peluang bisnis yang berguna bagi maha­siswa setelah menyelesaikan studi.

“Tahapan KBMI pada 2019 meliputi pengumuman proposal, pelatihan rencana bisnis, penetapan penerima hibah KBMI, dan pendampingan wirausaha,” ujarnya.

Lebih lanjut, workshop rencana bisnis seperti ini menurutnya dapat memacu para mahasiswa untuk bisa menjadi wi­rausaha muda. Selain itu, bertujuan mempersiapkan mahasiswa agar dapat mengikuti seleksi proposal KBMI 2019 sehingga jumlah proposal yang lolos bisa meningkat. “Kompetisi tersebut sekaligus meningkatkan kapasitas mahasiswa setelah lulus kuliah. Mereka didorong bukan untuk mencari pekerjaan, tapi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan dari mahasiswa yang berjiwa bisnis dan kewirausahaan,” tambah Ayu. (erma)

UNIKAMA SIAPKAN MAHASISWA JADI WIRAUSAHAWAN MUDA