Menu

USM Beri Kuliah Umum di Unikama

 

IMG20160319103618

Kuliah Umum sekaligus Workshop Entrepreneurship 2016 dengan Tema “The Role Of Academic Entrepreneurship And Introduction Of Entrepreneurship Ciputra Way” dilaksanakan di Auditorium Multiculture Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama)  (19/03) kemarin. Acara tersebut menghadirkan Dr. Amirul Shah Md Shahbudin dari Universiti Sains Malaysia (USM) sebagai penceramah utama dan Team DPP Asosiasi Yayasan Usaha Bangsa (AYUB) sebagai pemateri sesi kedua. DPP AYUB yang merupakan bagian dari Ciputra Group menghadirkan Ketua DPD AYUB Jatim pdt Dr. Retna Wangsa Buwana, Pdt Gideon Pramono selaku penasehat AYUB DPD Jatim serta sekretaris umum AYUB DPD Jatim Pdt Ir Jonathan Wantoto, Mth.

Sekitar tiga ratus peserta Kuliah Umum yang terdiri dari perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis beserta Dosen, Rektor Unikama dan jajaran rektorat beserta seluruh pengurus PPLP-PT PGRI Malang, telah hadir dan penuh antusias mengikuti seluruh rangkaian acara.

Rektor Unikama Dr. Pieter Sahertian, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan, khususnya  seluruh Civitas Akademika Unikama. Disamping itu juga untuk terus dilaksanakan sehingga ada kolerasi dari materi perkuliahan yang didapatkan di bangku perkuliahan dengan kemajuan perkembangan dunia Entrepreneurship saat ini.

Sementara itu, Dr. Amirul menyampaikan teori-teori entrepreneurship dengan gaya bahasa yang tenang dan menyenangkan sangat mengapreasiasi sambutan pihak panitia yang sangat baik selama berada di Kota Malang, kususnya di Unikama. Terbukti, Dr. Amirul memulia ceramah dengan gaya bahasanya yang santai dan mengundang tawa seluruh peserta kuliah tamu. Memulai ceramah dengan memberikan paparan tentang Definition of Enterpreneurship. Dr. Amirul menggunakan bahasa Inggris yang diselingi bahasa Indonesia selama ceramah berlangsung. “Harapan kedepannya mahasiswa USM dapat melakukan student exchange di Unikama begitupun sebaliknya” ungkapnya.

Menurutnya, jiwa Entrepreneurship perlu ditanamkan sejak dini karena Entrepreneurship mengajarkan kemandirian untuk pribadi dan kemandirian ekonomi suatu bangsa. Dengan itulah,  dapat membuka peluang bagi diri sendiri dan lapangan pekerjaan bagi orang lain sehingga dapat membantu mengurangi pengangguran, tandasnya. Selama ceramah berlangsung, ia memberikan contoh-contoh entrepreneur dunia yang telah membuktikan bahwa kreatifitas, inovasi dan imajinasi merupakan dasar utama seseorang sukses sebagai entrepreneur.

Ceramah dan materi dilanjutkan oleh Team DPP AYUB yang lebih banyak menampilkan video-video tayangan dari pendiri Ciputra Group. Dengan melihat antusias dari peserta kuliah umum hari ini, perlu ada kontinuitas dari kegiatan ini dan dibutuhkan implementasi langsung, ungkap Dr. Retna Wangsa Buana seusai acara kuliah umum berakhir.

Pada agenda kuliah umum kali ini panitia menggandeng pihak ketiga yaitu PT Trimegah Securitas dan CIMB Niaga sebagai partisipan yang mempersebahkan souvenir untuk seluruh peserta kuliah umum dan pemateri. Bentuk partisipasi dari pihak ketiga ini sebagai contoh kepada mahasiswa tentang implementasi entrepreneur.

IMG20160319103306

Selain itu, ketua pelaksana Retno Wulandari, SE., MSA juga menyampaikan bahwa tujuan kehadiran dari tamu sekaligus pembicara kali ini untuk membangun kerjasama dan sinergisitas dalam MoU kedepannya. Retno (panggilan akrab Retno Wulandari) beharap, kedepannya Unikama lebih memperbanyak MoU dengan stakeholders baik dalam maupun luar negeri.

“Kegiatan seperti ini juga sebagai bukti kesungguhan Unikama untuk melakukan kerjasama dengan USM dengan kegiatan di bidang tridharma perguruan tinggi yang akan dimulai”, ungkapnya. (red)

Materi Presentasi ada pada link di bawah ini.

Bridging the Gap between Academia and the Industry