Menu

Wadahi Pelaku Ekonomi Kreatif, Unikama Resmi Membuka AgroMart

Unikama – Industri kreatif saat ini memang sedang berkembang, terutama di Kota Malang. Guna wadahi pelaku ekonomi inilah Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang) resmi membuka AgroMart pada hari Rabu (10/12).

Disamping itu, Unikama juga mencoba untuk mengembangkan hasil olahan dari integrated farming yang ada di Wagir, Kota Malang.

“AgroMart merupakan salah satu usaha yang didirikan oleh Unikama untuk mengembangkan integrated farming Fakultas Peternakan yang ada di Wagir. Jadi beberapa produk olahan tersedia disini. Di tahap awal ini kami menyediakan kebutuhan untuk keluarga besar Unikama dan juga mengenalkannya kepada masyarakat dan mahasiswa,” ungkap Henny Leondro, S.Pt., M.P selaku Wakil Rektor II dan Manager Farm Integrated Farming Unikama yang ada di Wagir.

Berbagai macam produk olahan ada disini mulai dari olahan susu, ice cream, minuman dari bahan alamai dan salad. Ada juga daging ayam segar dan makanan ringan. Bahkan, ada juga hiasan rumah handmade dan beberapa baju batik, sepatu dan kain Batik.

“Kami berharap dengan adanya AgroMart Unikama bisa memberikan pembelajaran atau edukasi tidak hanya untuk Dosen dan mahasiswa. Masyarakat yang ingin menitipkan produknya di AgroMart juga akan kami tampung,” paparnya.

Bisa di bilang Unikama merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki AgroMart. Kebanyakan PT yang lain hanya memiliki Kopma (Koperasi Mahasiswa) dan Minimarket yang sudah sangat umum.

Sementara itu, Dr. Pieter Sahertian, M.Si selaku Rektor Unikama juga sangat mengapresiasi pembukaan AgroMart.

“Saya berharap nantinya tidak hanya produk dari Unikama saja, melainkan produk-produk dari mahasiswa. Supaya mahasiswa juga belajar berwirausaha,” tuturnya.

Selain itu, Ketua PPLP-PT PGRI Malang Drs. H. Soedjai sangat bangga dengan peresmian AgroMart Unikama. Ia juga berharap kedepannya Unikama akan terus maju dan berkembang. Wadahi produk dari pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) dan ajarkan mahasiswa berwirausaha.