Unikama Bersama UM Meriahkan Ulang Tahun PAUD Cahaya Permata Abadi Kota Batu dengan Gebyar Gelar Karya P5

UNIKAMA – Jumat (10/05/2024) lalu, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) dan Universitas Negeri Malang (UM) berkolaborasi dalam sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang luar biasa di PAUD Cahaya Permata Abadi Kota Batu. Acara ini diselenggarakan seiring dengan perayaan ulang tahun ke-20 PAUD Cahaya Permata Abadi Kota Batu. Bertema “Gelar Kreasi Nusantara Dalam Bingkai Bhinneka”, kegiatan ini tidak hanya menjadi platform untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga sebagai momen untuk merayakan keberagaman budaya Nusantara.

Acara ini juga menjadi wadah bagi anak-anak dan orang tua untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui berbagai kegiatan, termasuk penampilan seni seperti Tari Masal Bhineka, Angklung, Tari Anoman Obong, Drumb Band, dan Piano. Sebanyak 185 anak berpartisipasi dalam acara tersebut, menampilkan bakat dan dedikasi mereka dalam menjaga dan mengembangkan keberagaman budaya Indonesia.

Tim Unikama (dua kiri) bersama dengan Tim UM (dua kanan)

Dr. Siti Muntomimah, M.Pd, Ketua Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) dari Unikama, dengan antusias menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat karakter dan kompetensi siswa, serta memupuk rasa cinta terhadap budaya Indonesia yang beragam.

“Kegiatan ini dirancang sedemikian rupa untuk memungkinkan siswa mengekspresikan diri dan berinovasi melalui seni. Pameran hasil karya anak dan ide-ide kreasi dari orang tua menjadi bukti nyata dari proses pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.” tambahnya.

Antusiasme siswa PAUD bersama dengan Bunda Yuni atau Yuni Shara

Bunda Yuni sapaan dari artis dan penyanyi, Yuni Shara, memberikan sambutan yang menggugah semangat, dan memberikan apresiasi kepada orang tua dan siswa PAUD yang secara antusias menyemarakkan ulang tahun PAUD Cahaya Permata Abadi Kota Batu yang ke-20. Ia juga menjelaskan bahwa ini adalah upaya untuk melibatkan komunitas sekolah dan orang tua dalam proses pendidikan, memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat, serta mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya kerjasama dan apresiasi terhadap kebudayaan.

“Dengan adanya Gebyar P5 ini saya berharap kepada siswa dan juga orang tua bisa menjadi ajang untuk memperkuat karakter dan kompetensi siswa serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya Indonesia yang beragam, dengan topik ‘Aku Cinta Indonesia’,” tambahnya.

Mahasiswa Prodi PG PAUD Unikama yang juga terlibat dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ikut menyemarakkan Gebyar P5

Kehadiran para siswa dan orang tua dalam Gebyar P5 ini menjadi momentum penting untuk mempererat hubungan antarangkatan dan mendukung perkembangan pendidikan anak usia dini yang berkualitas. Dengan semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap negara, PAUD Cahaya Permata Abadi Kota Batu bersama dengan Unikama dan UM terus berkomitmen untuk menyediakan lingkungan belajar yang memadai dan mendukung bagi generasi muda Indonesia.