Pendidikan Bahasa Inggris di Era Digital, Unikama dan IAIN Metro Lampung Gelar Talkshow tentang AI

Unikama – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) sukses menyelenggarakan talkshow bertema “Teaching Tomorrow: AI’s Impact on English Language Learning” pada Jumat (2/8/2024) di Auditorium Multikultural Unikama. Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Sarjana dan Pascasarjana Unikama dengan Program Studi Tadris Bahasa Inggris dari IAIN Metro Lampung. Kegiatan ini menjadi bukti nyata dari komitmen kedua institusi dalam mengembangkan pendidikan bahasa Inggris di era digital.

Acara dimulai dengan sambutan dari Direktur Sekolah Pascasarjana Unikama, Dr. Lilik Sri Hariani, M.Ak., dan Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Unikama, Dr. Teguh Sulistyo, M.Pd. Keduanya memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini dan menekankan pentingnya kolaborasi dalam pengembangan pendidikan bahasa Inggris, terutama dengan kemajuan teknologi. Dekan FBS Unikama juga menegaskan AI memiliki potensi besar dalam mengembangkan metode pembelajaran bahasa Inggris.

Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Unikama, Dr. Teguh Sulistyo, M.Pd. Keduanya memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan

“Dalam menghadapi era digital, metode pembelajaran seperti ‘learning by doing’ harus tetap menjadi fokus utama, meskipun kita mulai mengintegrasikan AI ke dalam proses pembelajaran.” tambah beliau.

Ketua Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Metro Lampung, Dr. Much Deiniatur, M.Pd.B.I, juga menyampaikan pandangannya. Ia menyoroti pentingnya pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Menurutnya dengan adanya AI bisa membantu para guru untuk mempersembahkan metode pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan tuntutan zaman.

Ketua Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Metro Lampung, Dr. Much Deiniatur, M.Pd.B.I (tengah) sedang menjabarkan penjelasan perkembangan teknologi untuk pendidikan

“AI harus dipandang sebagai alat bantu dalam pembelajaran, bukan sebagai pengganti. Peran guru tetap krusial dalam mengarahkan dan membimbing proses belajar siswa,” tegasnya.

Sebagai bagian dari acara, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama, MoU, dan MoA antara Unikama dan IAIN Metro Lampung. Talkshow kemudian diisi oleh Ketua Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Metro Lampung, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Unikama, dan Ketua Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Unikama. Mereka membahas dampak AI terhadap metode pembelajaran bahasa Inggris di masa depan. Diskusi ini diharapkan dapat mendorong pengembangan kurikulum dan metodologi pengajaran yang lebih canggih dan relevan di era digital.