Program Hibah Unikama Optimalkan Pemasaran Digital Susu Desa Clumprit

Unikama – Sebuah program pengabdian masyarakat diluncurkan oleh Tim Dosen Universitas PGRI Kanjuruhan (Unikama) Malang untuk memberdayakan Usaha Bersama Susu Desa Clumprit, Kabupaten Malang. Program bertajuk “Optimalisasi Produk Susu Desa Clumprit Melalui Digital Marketing” ini secara resmi dimulai pada awal Mei 2025 dan akan berlangsung secara berkelanjutan hingga Desember 2025. Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi katalis bagi peningkatan ekonomi lokal di wilayah tersebut.

Program Kemitraan Hibah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini diketuai oleh Dr. Kristina Sedyastuti, MM., dan beranggotakan Dr. Sri Wilujeng, MM, serta Hari Lugis, MT. Dalam pelaksanaannya, tim dosen tidak bekerja sendirian; mereka dibantu oleh empat mahasiswa Unikamaa lintas program studi yang turut aktif memberikan pendampingan, pelatihan, dan implementasi langsung teknologi digital kepada para pengurus usaha bersama. Kolaborasi ini dirancang untuk memberikan dukungan menyeluruh.

“Digital marketing adalah kunci bagi UMKM untuk bisa bertahan dan bersaing di era industri 4.0. Melalui pendampingan yang berkelanjutan hingga akhir tahun ini, kami berharap produk susu Desa Clumprit tidak hanya dikenal di Malang, tetapi dapat menjangkau pasar nasional,” tegas Ketua Tim PKM, Dr. Kristina Sedyastuti MM.

Rangkaian kegiatan yang digelar selama program delapan bulan ini sangat komprehensif. Mulai dari pelatihan manajemen media sosial, pembuatan konten digital yang kreatif, pengelolaan akun marketplace, hingga penyusunan strategi promosi online. Tidak hanya itu, tim juga fokus pada pembenahan aspek visual seperti desain kemasan yang lebih menarik dan modern, serta penguatan sistem penjualan agar lebih terintegrasi dengan channel digital.

Para pengurus usaha bersama pun menyambut positif program ini dan mengaku mendapatkan wawasan baru.
Koordinator Usaha Bersama Susu Desa Clumprit, P. Iwan Zulkifli Slamet, turut menyampaikan apresiasi dan antusiasmenya.

“Selama ini kami sudah memiliki produk yang berkualitas, tetapi sering terkendala dalam hal pemasaran dan penyajian yang menarik secara daring. Kehadiran tim dari Unikama ini bagai oase di padang pasir. Pelatihan yang diberikan sangat membuka wawasan kami untuk go digital dan kami sangat optimis dapat meningkatkan penjualan,” ujarnya.

Program yang berlangsung dari Mei hingga Desember 2025 ini merupakan wujud nyata tridharma perguruan tinggi, menciptakan sinergi yang kuat antara akademisi, mahasiswa, dan masyarakat. Diharapkan, sinergi ini tidak hanya meninggalkan dampak jangka pendek, tetapi juga mampu menciptakan fondasi yang kuat bagi keberlanjutan usaha, memperkuat brand produk susu Desa Clumprit, dan menjadikannya sebagai ikon unggulan daerah yang berdaya saing tinggi.