UNIKAMA – Semakin majunya teknologi sekarang ini juga berdampak pada perekonomian masyarakat. Pasalnya sekarang ini sebagian besar perdagangan di jual belikan melalui pasar online. Namun saat ini, masih banyak masyarakat khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang asing dengan dengan perkembangan teknologi, seperti internet, media sosial dan peralatan teknologi lainnya.
Penggunaan sosial media yang baik dan benar akan memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM.
Berperan serta dalam memajukan UMKM di Kota Malang, Program Studi (Prodi) Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) bekerja sama dengan instansi pemerintahan di Pemkot Malang, membeberkan materi trik-trik jitu dalam pemasaran UMKM secara online.
Acara yang diselenggarakan guna memberikan trik pemasaran tersebut di gelar mulai tanggal 10 – 19 Juli 2019. Diikuti 160 pelaku UMKM dari 57 Kelurahan di Kota Malang.
Kaprodi Sistem Informasi, Unikama, Yoyok Seby Dwanoko S.Kom, M.Kom yang juga merupakan salah satu pemateri dalam workshop pembinaan di Telecenter Daragati, Perkantoran Terpadu Gedung B, menjelaskan jika dalam hal ini, juga merupakan sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat.
“Ada dua materi yang kita berikan kepada para peserta, pertama mengenai e-commerce dan yang kedua mengenai foto produk,” tandasnya.
Membahas tentang e-commerce, ternyata, memang banyak dari para peserta yang belum memahami atau memiliki akun e-commerce. Sehingga dari situ, pihaknya mengajarkan para peserta mulai dari dasar bagaimana dalam memanfaatkan situs marketplace secara optimal.
“Banyak yang belum punya akun di marketplace, kita ajari buat akun sampai proses penjualan produk mereka,” bebernya.
Pemanfaatan situs marketplace, akan lebih diperkuat lagi dengan cara pengambilan gambar atau foto sebuah produk dengan komposisi yang pas dan tak sembarangan. Dengan begitu, akan membuat produk yang dipajang pada situs marketplace bisa menarik perhatian dari para konsumen. Foto ini memiliki peran penting. Karena dari foto para konsumen tertarik membeli produk. Maka perlu sekali diperhatikan mulai dari angle, pencahayaan dan fokus,” paparnya.
Selain itu, pihaknya juga menyampaikan, dengan pemanfaatan situs marketplace, jangkauan penawaran dari produk, akan jauh lebih luas. Meskipun dalam hal pemasaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial, namun Yoyok menyebut, jika penggunaan situs marketplace juga jauh lebih aman dibandingkan dengan melalui media sosial.
No related posts.