Lolos Uji Sertifikasi BNSP, Mahasiswa Unikama Siap Berwirausaha

UNIKAMA – Edo S. Andika mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) lolos uji sertifikasi kompetensi teknisi telepon seluler perangkat lunak. Kegiatan ini di gelar oleh BLKI (Balai Latihan Kerja Industri) Singosari beberapa bulan yang lalu. Sedangkan untuk sertifikatnya sendiri BNSP yang mengeluarkan.

“Saya mengikuti pelatihan ini karena waktu itu perkuliahan masih dilakukan secara Daring karena masih pandemi. Saya berinisiatif untuk menambah ilmu serta mencari relasi untuk melanjutkan usaha kecil-kecilan dengan mengikuti kegiatan ini,” ujar Edo.

Pelatihannya juga terdiri dari beberapa kegiatan mulai dari cara servis telepon seluler sampai kewirausahaan. Uji sertifikasi ini dilakukan selama 30 hari, untuk satu minggunya materi tentang kewirausahaan.

“Jadi selama 30 hari ini banyak sekali ilmu yang didapatkan. Servis telepon seluler atau Handphone kelihatannya memang mudah, tetapi kenyatannya tidak semudah itu. Banyak sekali komponen-komponen yang harus dimengerti. Setiap tipe handphone pasti ada perbedaan komponennya,” terangnya.

Edo yang akrab disapa ini memang memiliki usaha home servis kecil-kecilan sudah dari dulu. Ia menawarkan jasanya dari mulut ke mulut. Tidak ada promosi khusus untuk usahanya, maka dari itu dengan mengikuti kegiatan ini jadi tahu bagaimana konsep wirausaha terutama di bidang jasa.

“Saya berharap dengan lolos dalam uji kompetensi ini bisa menjadi wirausaha yang berfokus pada bidang jasa khususnya servis handphone dan laptop. Serta bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru jika usaha saya ini nantinya berkembang, ” tutupnya.