Menu

Bekal Sebelum Magang, Mahasiswa BK Harus Kuasai Bimbingan Kelompok

UNIKAMA – Menjadi mahasiswa Bimbingan dan Konseling (BK) memang harus menguasai benar aplikasi bimbingan kelompok. Terutama jika sudah harus terjun di lapangan seperti magang atau bahkan mengajar di dalam kelas.

Untuk itu, laboratorium Bimbingan dan Konseling Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Pelatihan Bimbingan Kelompok bagi para mahasiswanya yang akan magang. Disisi lain agar lebih sempurna menguasai aplikasi bimbingan kelompok secara sempurna.

“Kalau teorinya ini mereka insyaAllah mengerti, tapi kalau dalam praktiknya masih kurang sempurna. Jadi kami mendatangkan pakar yang memang sudah berpengalaman dari UM, yang memang sudah mempraktikkan aplikasinya hingga ke Ambon dan banyak tempat lain,” ujar Kepala Laboratorium BK Devi Permatasari M.Pd.

Irene Maya Simon, M.Pd sendiri, pemateri dalam pelatihan ini memberikan contoh langsung dalam aplikasi bimbingan kelompok. Ia memberikan permainan kecil secara berkelompok yang sebenarnya ditujukan untuk memberikan ilmu pengembangan karakter diri dalam diri siswa.

“Ketika kita masuk kelas jangan ditanya materi, mereka sudah tahu tapi aplikasinya seperti apa? Bagaimana cara menumbuhkan percaya diri pada mereka? Salah satunya ya ice breaking,” tukas wanita yang akrab disapa Maya ini.

Menurutnya, saat ini aplikasi dari bimbingan kelompok variasinya tidak hanya bisa dipelajari di buku saja, tapi juga banyak yang sudah tersebar di internet. Ia menyarankan pada mahasiswa untuk lebih aktif lagi mencari ilmu via internet.

“Kalau jaman saya kuliah dulu memang susah mencari ilmu, tapi sekarang kalian bisa belajar lewat internet tanpa dosen harus datang. Cari gali sumber yang banyak nanti kita bisa diskusikam bersama,” tukasnya. (irma)