Menu

Alumnus Unikama Rain Beasiswa S-3 Kyoto University

UNIKAMA – Karir pendidikan Eko Heru Prasetyo sangat moncer. Buktinya, alumnus Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) angkatan 2010 itu dinyatakan lolos seleksi masuk S-3 di Kyoto University, Jepang, pertengahan Januari lalu.

Sebelumnya, setelah lulus dan Unikama, Heru mampu menembus pendidikan S-2 di Universitas Gadjah Mada (UGM). Dia menjalani wisuda S-2 pada Oktober lalu. Sama dengan S-3 di Kyoto University, Heru menempuh pendidikan S-2 di UGM dengan beasiswa pula.

Saat kuliah S-1 di Unikama, Heru mengambil konsentrasi akuntansi dengan program tujuh semester lulus. Tak puas dengan ilmu yang didapatkan, dia pun melanjutkan S-2 di UGM dengan konsentrasi keilmuan yang sama. “Saya ingin terus menimba ilmu,” kata pria yang bercita-cita menjadi dosen tersebut.

Heru mengaku sangat penasaran dengan beberapa ojek online yang sedang tren di Indonesia. Fenomena itulah yang melatarbelakangi Heru untuk membuat proposal yang diajukan kepada Kyoto University sebagai persyaratan masuk universitas terkemuka di Jepang tersebut. “Oleh karena di Jepang tidak ada ojek online, mereka (Kyoto University) tertarik dengan proposal saya sehingga saya lolos,” ungkap pria yang pernah menjadi presenter di salah satu radio di Malang itu.

Keinginan Heru untuk terus memperbaiki kualitas diri di bidang ilmu pengetahuan sangat patut dicontoh. Padahal, saat berkuliah di Unikama, Heru bekerja sampingan sebagai salah satu presenter radio. Dia juga menjadi reporter di salah satu televisi lokal Malang. Namun, kerja sampingan tidak membuat tekad Heru menjadi berkurang untuk terus menambah ilmu yang dimiliki. (rama)