Unikama – Program Kampus Mengajar Angkatan 8 menjadi bukti nyata kontribusi mahasiswa dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Salah satu peserta yang menonjol adalah Ferdisa Remalya Putri, mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Kanjuruan Malang (Unikama). Ferdisa menjalankan penugasan di SDN Semen 04 Kabupaten Blitar pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025, tepatnya dari Agustus hingga Desember 2024. Di sekolah yang menghadapi tantangan serius dalam literasi dan numerasi ini, Ferdisa tidak hanya menjalankan tugas akademik, tetapi juga memenuhi program KKN MBKM Unikama yang mengedepankan pengabdian kreatif.
Bersama empat rekan mahasiswa dari berbagai kampus, Ferdisa merancang program inovatif berbasis kebutuhan sekolah. Salah satu inisiatifnya adalah Pohon Literasi, sebuah metode pembelajaran interaktif di kelas 2. Setiap siswa membaca buku, menulis ringkasan, lalu menempelkannya di “pohon” di dinding kelas.
“Melalui Pohon Literasi, saya ingin menumbuhkan kecintaan membaca sejak dini. Sungguh mengharukan melihat antusiasme anak-anak yang awalnya enggan membaca, kini berlomba-lomba menambah ‘daun’ di pohon literasi kami.” terang Ferdisa

Tak berhenti di situ, Ferdisa juga menggagas Penguatan Literasi untuk siswa kelas tinggi. Setiap pagi, siswa membaca buku secara mandiri, lalu berdiskusi singkat tentang isinya. Guru kelas menyatakan perubahan signifikan: siswa lebih aktif berpendapat dan memahami bacaan dengan lebih baik. Selain itu, sebagai pribadi yang religius, Ferdisa memperkenalkan Saat Teduh, kegiatan rohani bagi siswa Kristen dan Katolik. Kegiatan ini menciptakan ketenangan sebelum pembelajaran dimulai, sekaligus memperkaya nilai spiritual siswa.
Puncak pengabdian Ferdisa dan tim adalah Festival Literasi dan Numerasi, yang melibatkan seluruh siswa SDN Semen 04. Beragam lomba seperti membaca puisi, mewarnai, dan cerdas cermat numerasi digelar untuk memacu kreativitas dan semangat belajar.
“Program-program inovatif seperti Pohon Literasi, Penguatan Literasi, dan Festival Literasi-Numerasi tidak hanya meningkatkan kemampuan akademik siswa, tetapi juga menumbuhkan karakter dan semangat belajar mereka. Kami berharap kolaborasi seperti ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.” terang Kepala SDN Semen 04, Ibu Erna Ekowati, S.Pd.I
Ferdisa mengaku bersyukur bisa berkontribusi melalui Kampus Mengajar. Ia berharap inovasinya terus dilanjutkan oleh guru-guru setempat.
“Kami membuktikan bahwa belajar bisa menyenangkan. Dengan pendekatan kreatif, anak-anak tidak hanya pintar, tetapi juga bahagia,” ujarnya. Pengalaman ini menjadi bukti bahwa mahasiswa Unikama tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga mampu menjadi agen perubahan di masyarakat.
Related posts:
- PG PAUD Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Dukung Lomba Hari Anak Nasional 2025 di Klojen
- Fakultas Bahasa Unikama Gelar Peninjauan Kurikulum OBE, Libatkan Pakar Pendidikan
- Wadhwani Foundation Bawa Program Kewirausahaan Berbasis AI ke Kampus UNIKAMA
- UNIKAMA Dipercaya Ditjen GTK Siapkan Program Pemenuhan Kualifikasi Guru S1/D4