Unikama – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) meresmikan Ruangan Laboratorium Asesmen dan Rumah Prototype untuk Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) pada Rabu (15/01/2025). Fasilitas ini merupakan bagian dari realisasi Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2024 yang dirancang untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran dan inovasi pendidikan anak usia dini.
Ketua Program Studi PG PAUD, Dr. Siti Muntomimah, M.Pd., menyampaikan harapannya yang besar terhadap kebermanfaatan fasilitas baru ini dalam mendukung pembelajaran mahasiswa. Menurutnya, Laboratorium Asesmen dan Rumah Prototype tidak hanya sekadar fasilitas fisik, tetapi juga merupakan wadah strategis untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa berasis praktik.
“Melalui fasilitas ini, kami ingin memastikan mahasiswa memiliki kemampuan yang tidak hanya teoretis, tetapi juga praktis, sehingga mereka mampu menjadi pendidik yang inovatif dan adaptif terhadap kebutuhan pendidikan anak usia dini yang terus berkembang,” ujarnya.
Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Cicilia Ika Rahayu Nita, M.Pd., juga mengungkapkan keyakinannya terhadap dampak positif dari fasilitas ini.
“Kami berharap fasilitas ini dapat menjadi katalisator dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Program Studi PG PAUD, sehingga para lulusan mampu menjawab tantangan dunia pendidikan dengan kompetensi yang unggul dan relevan,” tuturnya.
Senada dengan Dekan FIP, Rektor Unikama, Dr. Sudi Dul Aji, M.Si., memberikan apresiasi terhadap pencapaian ini. Menurut beliau peresmian laboratorium ini merupakan langkah strategis dalam mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar. Dengan harapan fasilitas ini tidak hanya meningkatkan keterampilan mahasiswa, tetapi juga mampu memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan inovasi di bidang pendidikan anak usia dini.
Dengan diresmikannya fasilitas ini, Unikama semakin menegaskan komitmennya dalam memberikan dukungan terbaik bagi mahasiswa. Harapan besar disematkan agar Laboratorium Asesmen dan Rumah Prototype ini dapat mendorong terciptanya generasi pendidik yang kreatif, inovatif, dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.