Fakultas Bahasa Unikama Gelar Peninjauan Kurikulum OBE, Libatkan Pakar Pendidikan

Unikama – Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas PGRI Kanjuruhan Malang menyelenggarakan kegiatan peninjauan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) di Ruangan A1 pada (30/6/2025). Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbarui kurikulum guna menjawab tantangan pendidikan di era modern. Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra, Dr. Teguh Sulistyo, M.Pd., menekankan pentingnya adaptasi kurikulum agar lulusan memiliki kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Sebagai narasumber utama, Prof. Dr. Daniel Ginting, M.Pd., memaparkan prinsip-prinsip OBE dan implementasinya dalam pembelajaran. Ia juga menyoroti perlunya kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri untuk menyusun kurikulum yang selaras dengan perkembangan zaman.

Sebagai narasumber utama, Prof. Dr. Daniel Ginting, M.Pd., memaparkan prinsip-prinsip OBE dan implementasinya dalam pembelajaran

“Pendekatan OBE menekankan pada capaian pembelajaran yang terukur, sehingga mahasiswa tidak hanya memahami teori tetapi juga mampu mengaplikasikannya,” ujarnya.

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang berkomitmen untuk terus mengembangkan kurikulumnya guna meningkatkan kualitas lulusan. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikama, Dr. Choirul Huda, M.Si., mengatakan bahwa pendekatan Outcome-Based Education (OBE) akan menjadi fondasi dalam pengembangan kurikulum, sehingga pembelajaran lebih terarah pada pencapaian kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja.

(dari kanan) Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikama, Dr. Choirul Huda, M.Si.

“Ini adalah langkah strategis untuk memastikan bahwa lulusan Unikama tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga siap bersaing di tingkat global,” tegas beliau

Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan rencana tindak lanjut berupa workshop penyusunan silabus OBE. Diharapkan, inisiatif ini dapat menjadi fondasi bagi peningkatan mutu pendidikan di Fakultas Bahasa dan Sastra serta mendorong inovasi dalam proses pembelajaran.