Gelar Karya PPG Unikama, Mengasah Keterampilan Kepemimpinan dan Kreativitas Mahasiswa

Unikama – PPG Universitas PGRI Kanjuruhan Malang sukses menggelar acara Gelar Karya PPG Prajabatan Gelombang II Tahun 2023 di Aula Sarwakirti pada Senin (19/08/2024). Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 110 peserta yang antusias menampilkan berbagai kreasi mereka di bawah tema “Building Innovation Creativity Through Leadership Project Performances.”

Ketua Pelaksana Gelar Karya, Dr. Dwi Agus Setiawan, M.Pd, menjelaskan bahwa Gelar Karya ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Wajib dalam Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), yaitu Proyek Kepemimpinan. Gelar Karya ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam menerapkan teori kepemimpinan yang telah dipelajari di kelas. Melalui proyek ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang efektif dan inovatif, yang nantinya akan sangat bermanfaat ketika mereka terjun langsung ke dunia pendidikan sebagai guru profesional.

Ketua Pelaksana Gelar Karya, Dr. Dwi Agus Setiawan, M.Pd, menjelaskan bahwa Gelar Karya ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Wajib dalam Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), yaitu Proyek Kepemimpinan.

“Selain mengasah kemampuan kepemimpinan, proyek ini juga mendorong mahasiswa untuk berkolaborasi, berpikir kritis, dan mengambil inisiatif dalam menghadapi berbagai tantangan.” tambahnya

Rektor Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Dr. Sudi Dul Aji, M.Si, mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat membawa berkah bagi semua pihak yang terlibat. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama antara mahasiswa, dosen, serta seluruh staf universitas untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, Dr. Sudi Dul Aji juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Rektor Unikama di dampingi oleh Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II mengunjungi pameran produk mahasiswa PPG Prajabatan

Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan Pameran Karya mahasiswa PPG Prajabatan. Rektor beserta jajarannya turut mengunjungi pameran mahasiswa PPG yang diikuti oleh tim penilai. Pameran ini menampilkan berbagai inovasi dan kreativitas mahasiswa, sebagai wujud dari hasil pembelajaran dan proyek kepemimpinan yang telah mereka lakukan.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang unjuk kreativitas dan inovasi, tetapi juga menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mengasah keterampilan kepemimpinan mereka yang akan sangat bermanfaat ketika mereka berperan sebagai pendidik profesional di masa depan.

Tim Penilai sedang melakukan asesmen Pameran Produk