Dokumentasi kegiatan Sosialisasi Tenaga Kerja Mandiri Pendamping

Kemnaker Tunjuk Unikama Sebagai Pelaksana Pendampingan Tenaga Kerja Mandiri Lanjutan

Unikama – Berdasarkan hasil sayembara yang diumumkan melalui Berita Acara Hasil Sayembara Pelaksana Swakelola Pendampingan Tenaga Kerja Mandiri Lanjutan Tahun Anggaran 2024 Nomor 3.1/5474/PK.03.03/VIII/2024 pada 26 Agustus 2024, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) resmi terpilih sebagai pelaksana program pendampingan tersebut. Terpilihnya Unikama sebagai pelaksana menunjukkan komitmen universitas dalam mendukung pengembangan wirausaha di Indonesia.

Ketua Tim Hibah Kemnaker TKM Lanjutan Unikama, Ayu Liskinasih, SS., M.Pd, menjelaskan bahwa program Pendampingan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) terbagi menjadi dua tahap, yaitu untuk TKM Pemula dan TKM Lanjutan. Pendampingan TKM Pemula ditujukan bagi para pencari kerja atau mereka yang baru memulai usaha. Sementara itu, Pendampingan TKM Lanjutan difokuskan pada usaha yang telah berjalan lebih dari satu tahun.

Ia menambahkan, perbedaan utama antara kedua tahap tersebut terletak pada target dan fokus pendampingannya. Untuk TKM Pemula, pendampingan lebih menekankan pada pengajaran konsep bisnis dasar dan membantu menciptakan produk atau jasa yang dapat diterima oleh masyarakat. Sedangkan untuk TKM Lanjutan, fokusnya adalah pada peningkatan omzet, kemahiran pencatatan keuangan, serta peningkatan jumlah tenaga kerja.

“TKM Lanjutan ini merupakan program yang dipersiapkan bagi wirausaha yang telah lolos seleksi dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan mendapatkan stimulus dana dari pemerintah. Pendampingan ini diserahkan kepada perguruan tinggi karena memiliki jaringan mentor profesional, rekam jejak dalam pendampingan dan pengabdian masyarakat, serta kemampuan melakukan kajian terkait pendampingan.” tambahnya.

Ketua Tim Hibah Kemnaker TKM Lanjutan Unikama juga menambahkan bahwa dari 15 perguruan tinggi yang berhasil menjadi pemenang sayembara untuk Pendampingan TKM Pemula, hanya 10 perguruan tinggi yang terpilih untuk melanjutkan ke tahap Pendampingan TKM Lanjutan, dan Unikama berhasil menjadi salah satu di antaranya.

Dengan terpilihnya Unikama sebagai pelaksana program ini, diharapkan akan semakin banyak wirausaha mandiri yang mampu berkembang dan berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian nasional.