KKN Unikama di Desa Sumbersuko, Dari Sosialisasi Ekologi hingga Gotong Royong

Unikama – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, melalui serangkaian kegiatan yang berdampak signifikan bagi masyarakat setempat. Pada 8 Agustus 2024, kegiatan sosialisasi bertajuk “Onboarding Potensi Ekologi dan Komoditas Desa Divisa” menjadi sorotan utama. Bertempat di Alas Pakis, acara ini merupakan hasil kolaborasi dengan Tim Hibah Pengabdian Desa yang dipimpin oleh Hena Dian Ayu, S.Si., M.Si., M.Pd. Sosialisasi ini berhasil menyatukan petani, BUMN, PT PPI, PT NARWASTU, BPP Wagir, kelompok tani, serta Pemerintah Desa Sumbersuko.

Salah satu fokus utama kegiatan ini adalah pengembangan komoditas unggulan desa, seperti jahe. Diskusi dan pemaparan materi yang dilakukan bertujuan untuk membantu para petani dalam mengidentifikasi dan mengoptimalkan potensi komoditas mereka. Diharapkan, dengan memanfaatkan potensi ini, Desa Sumbersuko dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta menarik wisatawan, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada perekonomian daerah.

“Saya harap para petani juga mendapatkan wawasan mengenai pengelolaan pertanian berkelanjutan yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan nilai tambah hasil pertanian mereka.” terang Subekhan, Kepala Desa Sumbersuko.

Kegiatan gotong royong bersama warga untuk pembangunan jalan yang menghubungkan antar dusun di Desa Sumbersuko

Selanjutnya, pada 16 Agustus 2024, mahasiswa KKN kembali menunjukkan kepedulian mereka terhadap desa melalui kegiatan gotong royong. Kali ini, fokus utama adalah pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan antar dusun di Desa Sumbersuko. Dengan semangat kebersamaan, mahasiswa bersama warga desa bekerja keras untuk memperbaiki akses jalan yang sebelumnya sulit dilalui, terutama saat musim hujan. Pembuatan jalan ini diharapkan dapat memperlancar mobilitas warga dan meningkatkan perekonomian desa.

“Kami sangat senang bisa terlibat langsung dalam kegiatan pembangunan desa. Gotong royong seperti ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat tetapi juga mempererat tali silaturahmi.” ujar Oki Muhammad Nugraha, mahasiswa KKN di Desa Sumbersuko.

Salah satu mahasiswa KKN Unikama menjadi panitia Lomba Agustusan

Terakhir, mahasiswa KKN Unikama juga turut berpartisipasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Desa Sumbersuko. Upacara bendera yang diadakan dengan khidmat ini diikuti oleh berbagai lembaga pendidikan dan organisasi masyarakat. Usai upacara, mahasiswa tidak berhenti begitu saja. Mereka bergabung dengan masyarakat untuk membantu kelancaran lomba-lomba yang diselenggarakan di RT 02 dan RT 03 RW 02 Dusun Kenongo. Antusiasme warga dalam lomba-lomba ini menambah semarak perayaan HUT RI, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan ini menjadi bentuk penghormatan sekaligus kontribusi positif mereka bagi masyarakat.

Kegiatan-kegiatan ini mencerminkan dedikasi mahasiswa Unikama dalam memperbaiki dan mengembangkan Desa Sumbersuko. Dengan berbagai inisiatif yang mereka lakukan, diharapkan desa ini dapat terus maju dan sejahtera.