Kolaborasi Mahasiswa Unikama Wujudkan Pojok Baca Kreatif di SDN 4 Sumberputih

Unikama – Kampus Mengajar adalah salah satu program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang disusun oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program ini bertujuan mengatasi berbagai tantangan pembelajaran selama pandemi COVID-19, sekaligus memberdayakan mahasiswa untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah-sekolah dengan keterbatasan fasilitas. Salah satu mahasiswa yang turut berpartisipasi dalam program Kampus Mengajar Angkatan 6 adalah Majdah Nurin Nabilah, mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Penugasan Majdah berlokasi di SDN 4 Sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, yang memiliki suasana asri karena berada di kawasan pegunungan. Meskipun memiliki lingkungan yang indah, sekolah ini memiliki tantangan besar, termasuk keterbatasan fasilitas pembelajaran dan minimnya tenaga pengajar. Sekolah yang hanya memiliki 85 siswa ini, kekurangan guru olahraga dan beberapa guru mata pelajaran, sehingga perlu dukungan tambahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Pojok Baca, sebuah perpustakaan mini yang bisa mengisi salah satu ruang kosong apabila tidak ada ruangan yang memadai. Salah satunya bisa di dalam ruang kelas

Menurut Majdah, tantangan terbesar di SDN 4 Sumberputih adalah rendahnya tingkat literasi siswa karena sekolah tidak memiliki perpustakaan yang memadai. Oleh karena itu, Majdah dan tim menyusun program kerja untuk mengatasi masalah ini. Program unggulan mereka adalah pengadaan pojok baca, sebuah perpustakaan mini yang mereka ciptakan dengan menyulap ruang gudang yang terbengkalai.

“Kami juga menghias ruangan tersebut dengan tema planet untuk menarik minat siswa, serta membuka donasi buku yang menghasilkan puluhan buku cerita anak, dongeng, fabel, komik, dan buku pengetahuan lainnya.” ujar Majdah.

Pelatihan pengoperasian laptop untuk siswa

Selain pojok baca, Majdah dan timnya juga melaksanakan berbagai program kerja lain, seperti Reading Tutoring, Mading Bergilir, Quiz Literasi, Basic IT, dan Sosialisasi 3 Dosa Besar dalam Pendidikan. Mereka juga mengadakan kegiatan-kegiatan bertema lingkungan seperti 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan School Greening, yang mengajarkan siswa pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Program Kampus Mengajar 6 telah memberikan Majdah dan timnya kesempatan untuk mengasah jiwa kepemimpinan, karakter, dan keterampilan mereka, serta memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN 4 Sumberputih. Pengalaman ini menjadi pembelajaran yang berharga bagi Majdah dan diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lain untuk berpartisipasi dalam program-program serupa di masa depan.