Mahasiswa Unikama Dorong Kemampuan Literasi Siswa di SDN Kloposawit 03 Melalui Story Telling

UNIKAMA – Sejumlah mahasiswa dari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), Prodi Bimbingan dan Konseling, telah meluncurkan inisiatif yang luar biasa dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa di SDN Kloposawit 03, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini merupakan bagian dari program KKN Free Form Angkatan 2023 yang dipimpin oleh Fajariya Nurul Sadidah dan rekan-rekannya, yang berasal dari berbagai universitas.

KKN Free Form adalah salah satu program unggulan Unikama yang menjadi bagian dari Kampus Merdeka, dengan fokus utama pada Kampus Mengajar. Tim mahasiswa ini bekerja sama dengan SDN Kloposawit 03 dengan tujuan utama meningkatkan literasi dan numerasi siswa, serta menguatkan penerapan teknologi di sekolah tersebut.

Program Unggulan “My Vocabulary Today”

“My Vocabulary Today” adalah program unggulan yang dirancang oleh tim mahasiswa dengan tujuan membantu siswa belajar bahasa Inggris di luar kelas. Program ini sangat sederhana, setiap pagi sebelum memulai pelajaran, siswa akan diminta untuk menulis kosakata sehari-hari dalam bahasa Inggris yang telah disediakan oleh mahasiswa. Dengan menulis kosakata tersebut, siswa akan terbiasa menggunakan bahasa Inggris dan secara tidak langsung meningkatkan kosa kata bahasa Inggris mereka.

“Selain menulis kosakata, siswa juga diwajibkan untuk menghafal kosakata yang telah mereka tulis selama satu minggu. Pada setiap hari Jumat, siswa harus menyerahkan hafalan kosakata tersebut. Dengan menyerahkan hafalan kosakata, siswa akan terus terpacu untuk belajar bahasa Inggris secara teratur dan konsisten.” terang Fajariya Nurul

Foto bersama usai kegiatan Jumat Belajar Bersama

Selain itu, dalam upaya meningkatkan literasi siswa, tim mahasiswa juga mengadakan program “Jumat Belajar Bersama” yang bekerjasama dengan guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jumat dengan tujuan untuk memperdalam pemahaman agama, terutama agama Islam, melalui metode cerita atau “storytelling” saat menjelaskan materi. Pendekatan ini bukan hanya meningkatkan wawasan siswa, tetapi juga memotivasi mereka untuk lebih antusias dalam belajar agama.

Siti Masruroh, seorang guru PAI di SDN Kloposawit 03, mengungkapkan bahwa kegiatan ini telah memberikan dampak positif yang signifikan. Perkembangan dan minat belajar siswa terbukti meningkat, terutama dalam belajar agama. Ini juga memberikan dukungan berarti bagi para guru dalam proses belajar-mengajar di dalam kelas. Selain itu, program “Vocabulary Today” telah berhasil meningkatkan kosa kata bahasa Inggris siswa dan memicu semangat positif dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Program Vocabulary Today sangat diminati siswa

“Siswa yang awalnya enggan belajar bahasa Inggris sekarang menjadi bersemangat, yang berdampak positif pada suasana pembelajaran di dalam kelas.” ungkap beliau.

Inisiatif ini adalah contoh nyata bagaimana mahasiswa Unikama dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam meningkatkan kualitas pendidikan di masyarakat, khususnya di SDN Kloposawit 03. Dengan cara yang inovatif dan berfokus pada literasi, mahasiswa Unikama telah membuka pintu menuju peningkatan kemampuan siswa dalam bahasa Inggris dan pemahaman agama, yang merupakan modal penting dalam perkembangan mereka di masa depan.