Mahasiswa Unikama Gelar Program Kreatif dan Edukatif di SDN 2 Majang Tengah

Unikama – Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) telah menyelenggarakan program Gelar Karya P5 dan Market Day pada 24 November 2023 lalu di SDN 2 Majang Tengah. Kegiatan ini merupakan bentuk konversi dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Free Form Angkatan 2024 yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Novita Anggraini dan Yuniar Nur Adinda. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan numerasi siswa di sekolah tersebut.

Fokus utama dari KKN Free Form adalah meningkatkan kompetensi numerasi siswa. Untuk mencapai tujuan ini, Novita dan Yuniar mengadakan Market Day, di mana siswa belajar melakukan transaksi jual beli bersama masyarakat sekolah. Dalam kegiatan ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan numerasi mereka, seperti menjumlahkan total barang yang terjual, menghitung keuntungan, dan kegiatan lainnya.

Kegiatan Market Day untuk melatih siswa mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari

“Program Market Day merupakan upaya utama kami untuk mengatasi masalah numerasi. Melalui program ini, siswa dapat mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Novita.

Selain itu, program ini juga diikuti dengan kegiatan Gelar Karya dengan tema “Kearifan Lokal”. Kegiatan ini terdiri dari berbagai aktivitas kreatif yang belum pernah dilakukan siswa sebelumnya, seperti tari tradisional, drama Malin Kundang, puisi bersambung, dan paduan suara. Kegiatan ini juga membantu meningkatkan kemampuan numerasi siswa, misalnya melalui perhitungan gerakan tari, ketukan tangga nada dalam lagu, dan aktivitas lainnya.

kegiatan Gelar Karya dengan tema “Kearifan Lokal”

Dra. Sutri Ayuningtyas, kepala sekolah SDN 2 Majang Tengah, memberikan pandangan positif terhadap program ini. Beliau mengatakan bahwa program Gelar Karya P5 dan Market Day memiliki potensi besar dalam membantu siswa mengembangkan kreativitas dan soft skills mereka di luar pembelajaran formal. Program ini juga memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan numerasi siswa di masa depan.

“Dalam program Gelar Karya P5, terdapat beberapa aspek utama yang menjadi fokus, yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang mencakup kreativitas, bernalar kritis, mandiri, bergotong royong, berkebhinekaan global, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia,” jelas Yuniar.

Yuniar Nur Adinda (paling kanan) dan Novita Anggraini (nomor 2 dari kiri) foto bersama dengan anggota lainnya