Pojok Baca, Inovasi Program Kampus Mengajar untuk Tingkatkan Literasi di SDN 1 Kemiri

Unikama – Yesica Mediana Puspita Matheos, mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) angkatan 2021, terlibat dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 7 di SDN 1 Kemiri, Kabupaten Malang. Program yang berlangsung dari Februari hingga Juni 2024 ini memberikan kesempatan bagi Yesica dan timnya untuk berkontribusi dalam meningkatkan literasi siswa melalui inovasi Pojok Baca, yang merupakan salah satu program unggulan dalam Kampus Mengajar.

Setelah melakukan observasi, Yesica dan rekan-rekannya menemukan bahwa siswa SDN 1 Kemiri menghadapi kendala dalam literasi, terutama karena keterbatasan akses terhadap buku bacaan yang memadai. Sebagai solusi, mereka merancang program Pojok Baca di setiap kelas. Mereka juga merevitalisasi sudut-sudut baca yang sebelumnya tidak digunakan dengan menambahkan berbagai koleksi buku cerita rakyat dan dongeng untuk menarik minat siswa.

Sebagai solusi, mereka merancang program Pojok Baca di setiap kelas.

“Dengan menambahkan koleksi buku cerita rakyat dan dongeng, program ini tidak hanya meningkatkan minat baca siswa, tetapi juga memperkenalkan mereka pada kekayaan budaya dan nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita-cerita tersebut.” terang Yesica

Program ini juga dapat mendorong siswa untuk saling berbagi cerita dan berdiskusi tentang buku yang mereka baca, yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan berpikir kritis. Selain itu, dengan adanya pojok baca yang menarik, suasana kelas bisa menjadi lebih dinamis dan menyenangkan, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Upaya ini juga mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah, termasuk tambahan buku pengetahuan umum yang diharapkan bisa memperkaya sumber bacaan siswa.

Dengan adanya pojok baca yang menarik, suasana kelas bisa menjadi lebih dinamis dan menyenangkan, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar.

“Kami berharap program ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat jangka panjang bagi para siswa,” tutupnya.