Rektor Unikama Resmikan Satgas Pencegahan Kekerasan Seksual pada Upacara Kebangkitan Nasional

UNIKAMA – Dalam rangkaian upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang juga bertepatan dengan ulang tahun ke-67 Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) pada Senin (20/05/2024), Rektor Unikama melantik Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Pelantikan ini menjadi salah satu momen penting dalam upaya universitas untuk menciptakan lingkungan kampus yang aman dan bebas dari kekerasan seksual.

Rektor Unikama, Dr. Sudi Dul Aji, M.Si, menegaskan komitmen universitas dalam menangani isu kekerasan seksual dengan membentuk satgas khusus. “Pelantikan Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual ini merupakan langkah nyata Unikama untuk menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh civitas akademika. Komitmen ini penting agar kita bisa membangun lingkungan yang mendukung bagi semua,” ujarnya.

Rektor Unikama saat memberikan pidato Harkitnas

Pembentukan Satgas ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan dalam menangani kasus kekerasan seksual di lingkungan kampus. Rektor juga mengingatkan kepada anggota Satgas yang terpilih akan pentingnya mengemban tanggung jawab serta memahami tugas dan wewenang selama menjadi Satgas PPKS.

“Kepada seluruh anggota Satgas, saya ingatkan bahwa peran Anda sangat vital. Tugas ini bukan hanya sekadar formalitas, tetapi tanggung jawab besar untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan di universitas kita. Anda harus memahami dengan jelas tugas dan wewenang Anda, serta selalu bertindak profesional dan berintegritas,” tambahnya.

Para anggota Satgas PPKS yang terpilih

Upacara ini dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan universitas, dosen, staf, dan mahasiswa yang mengikuti dengan khidmat. Melalui upaya ini, Unikama berharap dapat menciptakan lingkungan kampus yang aman, mendukung, dan bebas dari segala bentuk kekerasan, serta terus berperan aktif dalam mencetak generasi unggul yang siap menghadapi tantangan zaman.