Unikama Gandeng PT Asuransi Umum BUMIDA dalam Kegiatan Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa

Unikama – Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menjalin kerjasama dengan PT Asuransi Umum BUMIDA dalam kegiatan Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai dari Kamis (6/6/2024) hingga Jumat (7/6/2024), dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unikama semester 4 dan mengundang mahasiswa magang dari UNiSZA.

Kegiatan yang diberi nama “B SMARZ” ini terdiri dari dua bagian utama: sesi materi di kelas selama dua hari dan program magang langsung di PT Asuransi Umum BUMIDA selama 11 hari. Dalam program magang ini, peserta yang terbagi menjadi tiga kelompok dengan total 30 mahasiswa akan menjalani berbagai kegiatan yang berfokus pada literasi dan pemahaman asuransi umum.

Peserta Mahasiswa FEB bersama dengan Mahasiswa Magang UNiSZA

Ketua Program Studi Manajemen Unikama, Asna, M.Si., Ph.D., menjelaskan tujuan utama dari kerjasama ini. “Dengan kebutuhan literasi asuransi umum yang saat ini harus tetap kita ikuti dan pelajari, maka pada kesempatan kali ini merupakan kesempatan yang baik bagi kita dengan tawaran dari Asuransi Umum BUMIDA melalui Program Kerjasama Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa serta Literasi Asuransi. Tujuan adanya kegiatan ini ialah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman keuangan dan asuransi,” ujar beliau.

Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi para mahasiswa. “Harapan setelah kegiatan ini terlaksana ialah semoga para mahasiswa serta seluruh generasi Millennial dan Gen-Z dapat memahami serta menggunakan produk dan layanan keuangan sesuai dengan kebutuhan,” tambahnya.

Foto bersama di hari kedua setelah pelaksanaan sertifikasi

Selain itu, kegiatan ini juga memiliki tahapan penyaringan peserta untuk masuk ke dalam Millennials Entrepreneur (ME) Club, sebuah klub yang bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Kegiatan Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa ini merupakan langkah konkret Unikama dalam mempersiapkan lulusannya agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja, khususnya dalam bidang keuangan dan asuransi. Melalui kerjasama dengan PT Asuransi Umum BUMIDA, diharapkan para mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai.